Cara Transfer Domain Ke Jogjahost atau Ke Tempat Lain

Cara Transfer Domain

Saat domain anda berapa di penyedia domain A dan ingin pindah ke penyedia domain B, bagaimana caranya? dan persyaratannya apa saja?

Hal ini biasa disebut transfer domain. Dalam proses transfer domain ada 2 jenis, yang pertama transfer domain sesama registrar dan yang kedua transfer beda registrar.

Cara Transfer Domain

Ada beberapa hal yang perlu diketahui jika ingin transfer domain, diantaranya

  1. Masa Aktif Pasa saat akan transfer domain diusahakan masa aktif domain jangan mepet dengan expired, minimal 1 – 2 minggu, agar jika terjadi gagal transfer bisa ditransfer ulang
  2. Email Yang Digunakan Sebagian orang terkadang bingung setelah transfer domain namun tidak menerima email approval (istirah untuk persetujuan transfer domain), jadi sebaiknya ketahui dulu email yang digunakan dan pastikan anda bisa login ke email tersebut
  3. Kode EPP atau EPP Code Pastikan anda mengetahui kode EPP domain yang akan anda transfer, jika tidak tahu, silakan hubungi penyedia hosting sebelumnya atau bisa dicek di member area penyedia domain anda.
  4. ID Proteksi Pada domain panel biasanya ada fitur ID Proteksi, fungsinya untuk menyembunyikan atau menampilkan data identitas pemilik domain. Fitur ini harus dalam keadaan disable

Proses Transfer Domain Sesama Registrar

Sebelum anda melakukan transfer domain ke penyedia domain yang baru, bisa anda tanyakan dulu prosedurnya, dan sebutkan juga domain anda, bisanya jika masih satu registrar maka ini akan cukup mudah sekali prosesnya, karena cukup dengan MOVE Domain, data  yang diperlukan hanya Email dan ID akun saja.

Proses Transfer Domain Beda Registrar

Untuk proses transfer domain beda registrar biasanya akan memakan waktu 5 setelah anda mengapprove atau mengklik link yang disarankan, setelah 5 hari akan ada pemberitahuan atau notifikasi ke email, apakah domain sukses ditransfer atau gagal, jika gagal maka diinformasikan penyebab gagalnya, adapun penyebab gagal biasanya Kode EPP yang dimasukkan salah, atau ID Proteksi masih Enable. Jika transfer gagal, maka akan dilakukan transfer ulang.

Berikut langkah-langkahnya, pertama anda order domainnya, namun pilih yang transfer bukan yang registrasi, setelah order silakan bayar dan konfirmasi. Biasanya setelah itu dari pihak penyedia domain akan mengirimkan email approval, dan itu yang harus diklik agar proses transfer domain dapat segera berlangsung.

Berikan komentar Anda