Tidak bisa kirim email melalui form contact website

tidak bisa kirim email melalui form kontak website

Sahabat sekalian, suatu hal yang lazim pada sebuah website menyediakan form contact yang berfungi sebagai sarana untuk menghubungi pihak pemilik website, form contact biasanya digunakan pada website perusahaan, instansi dan toko online, hal ini untuk mempermudah komunikasi atara pengunjung web dan pengurus website, namun apa jadinya jika form contact tidak berfungsi sebagaimana mestinya, misal saat pengunjung mengisi form contact yang disediakan klik send tapi ternyata ada notifikasi bahwa pesan tidak dapat terkirim, tentunya cukup mengecewakan bukan..?

Baik,  jika terjadi seperti ini, anda sebagai pemilik / pengurus website bisa cek dahulu permasalahannya, sebab ada beberapa kasus bukan karena penyedia hostingnya namun ada kesalahan pada script yang digunakan. Namun jika scriptnya sudah OK, maka anda bisa menghubungi pihak hosting yang digunakan. Ada beberapa faktor form contact tidak bisa digunakan, bisa jadi dari script, bisa jadi dari penyedia hosting yang memang menonaktifkan fungsi php mail pada servernya. Jika fungsi php mail ternyata dinonaktifkan maka langkah selanjutnya adalah menambahkan script pada website anda.

bagi para pengguna script wordpress anda bisa menggunakan plugin SMTP MAIL, jangan salah pilih plugin ya broh, soalnya ketika kita seach kata smtp mail maka plugin yang muncul banyak.

tidak bisa kirim email melalui form kontak website

Install pluginnya, lalu aktifkan. Selanjutnya setting port pada pluginnya, yang semula 25 menjadi 587, atau port yang lainnya, yang jelas ketika ditest kirim bisa

tidak bisa kirim email melalui form kontak website

Bagi pengguna script joomla silakan setting ulang pada configurasi emailnya

Ini script default joomla
public $mailer = ‘mail’;
public $mailfrom = ‘emailwebsite@gmail.com’;
ubah jadi ini
public $mailer = ‘smtp’;
public $mailfrom = ‘emailwebsite@gmail.com’;

Save ulang, selesai

Untuk pengguna script sendiri coba pelajari referensi berikut xxtps://github.com/PHPMailer/PHPMailer

 

Berikan komentar Anda