Berkenalan dengan CMS Drupal.

Drupal adalah CMS atau  suatu tools untuk megembangkan website bagi para user yang efisien tanpa harus ngoding dari nol. CMS sendiri ada beberapa macam, salah satu CMS yang populer dan dikenal adalah Drupal. Yap, siapa yang tidak kenal CMS dengan logo seperti air ini. Kali ini, Blog JH akan membahas mengenai CMS Drupal.

Pengertian

Drupal adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL, Pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Drupal dapat diunduh secara bebas dan dapat digunakan secara bebas juga, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komunitas untuk mempublikasi, mengatur dan mengorganisir berbagai jenis dari isi/konten pada website.

Penggunaan Drupal

Drupal merupakan CMS yang sangat multifungsi. Jadi CMS ini dapat digunakan untuk membangun banyak jenis website. Diantaranya adalah

Portal Web Komunitas

Portal Web Komunitas adalah website yang di desain dan di sesuaikan dengan keinginan dari komunitas tersebut. Oleh karenanya fasilitas dalam website cenderung untuk memenuhi kebutughan komunitas tersebut.

Situs Diskusi

Seperti namanya, situs diskusi8 adalah situs yang dibuat Untuk berdiskusi memcahkan sebuah masalah. Biasanya situs diskusi hanya akan membahas hal-hal yang berhubungan dengan sebuah tema pokok.

Website Perusahaan

Website perusahaan adalah website yang digunakan untuk perusahaan. biasanya website perusahaan berisi hal-hal yang berhubungan dengan perusahaan, seperti profil perusahaan, layanan yang diberikan perusahaan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan berhubungan dengan perusahaan.

Blog

Blog adalah website yang digunakan untuk berbagi pengalaman dari pemilikn blog dalam bentuk artikel.

Kelebihan dan Kelemahan Drupal

Kelebihan Drupal

  1. Instalasi juga cukup mudah
  2. kemudahan dalam membuat modul
  3. support database selain MySQL
  4. lebih ringan

Kekurangan drupal

  1. Bukan CMS yang baik untuk dijadikan bahan pembelajaran membuat template
  2. untuk melakukan setup pada server memerlukan lebih banyak waktu dan pengetahuan dibandingkan dengan wordpress atau joomla, otomatis dana yang dikeluarkan pasti lebih besar

Berikut adalah sedikit pengenalan mengenai CMS Drupal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

#ESN

 

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Berikan komentar Anda