Mengenal Manfaat SEO

SEO adalah cara atau teknik agar sebuah website dapat optimal dan banyak dikunjungi oleh pembaca, karena dengan adanya SEO, akan menjadikan sebuah website dapat berada di bagian atas dalam pencarian. Dengan adanya SEO memudahkan bagi pebisnis untuk up product mereka, agar product mereka dapat dikenal oleh masyarakat luas. Masyarakat mungkin, ada beberapa yang belum mengenal SEO. Banyak, pebisnis yang belum mengenal dunia digital dalam memasarkan product. Oleh karena itu, kali ini Blog JH akan memberikan sedikit pembahasan mengenai Mengenal SEO.

Pengertian SEO 

SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan konten dalam website menjadi peringkat pertama pada Search Engine dengan kata kunci yang telah ditentukan. SEO akan sangat berguna bagi sebuah website perusahaan, toko online,dan Adsense. Hal ini dikarenakan ketiga jenis website terse3but sangatlah bergantung pada visitor websitenya.

Jenis – Jenis SEO

 On Page SEO

Mendengar kata diatas pastinya sudah tidak asing lagi bagi para pakar seo, namun akan asing sekali untuk para pemula di dunia seo. On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya. Keuntungan dari on page seo ini yaitu situs anda akan lebih dinilai relevan oleh google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink bisa dipastikan akan mudah ranking #1 Google.

Off Page SEO

Off Page Search Engine Optimization adalah cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar situs (menggunakan backlink). Teknik ini dilakukan dengan cara membangun backlink dari situs tertentu yang menuju ke situs Anda. Gunanya apa? Gunanya untuk meningkatkan popularitas situs yang juga akan menjadi salah satu indikator menentukan posisi di mesin pencari.

Istilah dalam SEO 

Berikut ini adalah beberapa istilah yang berhubungan dengan SEO.

  • Backlink

Backlink adalah sebuah link yang akan mengarahkan kedalam website sendiri. Salah satu faktor yang digunakan Google untuk menaikkan ranking sebuah website adalah kualitas backlink yang didapatkan oleh sebuah website.

  • Outboundlink

Outboundlink adalah kebalikan dari Backlink. Jika Backlink digunakan untuk mengarahkan ke website sendiri. Outboundlink digunakan untuk mengarahkan ke website lain. Jika sebuah website memiliki outbound link yang berlebihan, maka hal ini bisa mengurangi kemungkinan ranking di Google, apalagi jika outbound link tersebut mengarah ke website yang bersifat spamming atau website yang berkualitas rendah.

  • Pagerank

Pagerank adalah cara yang dilakukan oleh google dalam menentukan atau menilai popularitas sebuah website.Semaikin tinggi skor yang didapat oleh sebuah website maka semakin populer juga website tersebut. Semakin tinggi pagerank sebuah website, akan lebih memudahkan website tersebut berada di halaman satu Google.

  • SERP

Search Engine Result Page atau SERP adalah sebuah ranking atau peringkat suatu web dan blog yang terdapat di halaman serta barisan depan dari mesin pencari (search engine). SERP bertujuan untuk membedakan berbagai halaman web yang terdapat pada halaman pencarian.

  • Keyword

Keyword atau kata kunci pastinya sangat dikenal dalam dunia SEO. Keywordmerupakan beberapa kata yang menggambarkan atau merujuk kepada layanan, merek, ataupun produk yang akan diperkenalkan. Kata kunci berfungsi untuk membantu pencarian dan identifikasi halaman web yang anda miliki. Maka, biasakan menulis keyword yang relevan dengan tag judul, atau judul, ataupun keseluruhan konten.

  • Google Penguin

Google Penguin adalah Update Algoritma yang dilakukan oleh google. Hal ini dilakukan google pertama kali pada April 2012. Update Algoritma yang dilakukan oleh google bertujuan untuk membasmi website-website yang melakukan teknik SEO yang melanggar guideline dari Google. Contohnya seperti membanjiri website dengan keyword.

Manfaat SEO

SEO mempunyai banyak sekali manfaat. Kali ini Nusablog akan membahas manfaat SEO untuk website bisnis dan blog.

  • Manfaat SEO Untuk Website Bisnis

Manfaat SEO untuk sebuah perusahaan tentu saja adalah peningkatan penjualan. Selain itu jika optimasi dilakukan dengan benar, bukan hanya penjualan, brand awareness sebuah perusahaan akan terangkat di search engine jika menggunakan teknik yang benar untuk mengoptimasikannya.

  • Manfaat SEO Untuk Website Blog

Untuk para blogger SEO dimanfaatkan untuk memperoleh traffict website mereka. Blog yang memiliki traffict yang tinggi akan sangat berguna. Hal ini karena memungkinkan blog tersebut menghasilkan penghasilan yang sangat menjajikan bagi blogger.

Demikianlah beberapa hal mengenai SEO Semoga bermanfaat.

#ESN

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Berikan komentar Anda