Mengenal MySQL Dan Keunggulannya

MySQL adalah salah satu database yang populer di dunia, meski banyak database lain. Akan tetapi, performa mysql dan kemudahan dalam menggunakan menjadikan database ini sangat disukai oleh user.

Perjalanan MySQL

MySQL dibuat pada tahun 1995 dan disponsori oleh perusahaan Swedia, MySQL AB. Pengembang platform MySQL adalah Michael Widenius, David Axmark dan Allan Larsson. Tujuan utama dibuatnya MySQL adalah untuk menyediakan opsi pengelolaan data yang efisien, terpercaya dan handal. Pada tahun 2000, platform MySQL berubah menjadi sumber terbuka (open source) dan mengikuti ketentuan GPL.

Selanjutnya, pada Januari 2008, MySQL diakuisisi oleh Sun Microsystems. Kemudian pada April 2009, terjadi pencapaian kesepakatan antara Sun Microsystems dan Oracle Corporation terkait pembelian Sun Microsystems beserta hak cipta (copyright) dan merek dagang (trademark) MySQL oleh Oracle. Namun baru pada Januari 2010, MySQL secara resmi diakuisisi oleh Oracle.

Terdapat kekhawatiran, bahwa MySQL akan menyaingi oracle karena semakin populer, selain itu mysql sendiri lebih banyak diminati karena lebih mudah untuk dipahami. Karena kekhawatiran ini, banyak bermunculan fork (versi lain) dari mysql. Meskipun, sebenarnya mysql tidak sepenuhnya benar bahwasannya mysql akan menyaingi oracle.

Pengertian 

MySQL merupakan sebuah perangkat lunak atau software sistem manajemen basis data SQL atau  DBMS Multithread dan multi user. MySQl sebenarnya merupakan turunan dari salah satu konsep utama dalam database untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan secara mudah dan otomatis.

Kelebihan MySQL

Adapun kelebihan MySQl dalam penggunaanya dalam database adalah:

  • Free atau gratis sehingga MySQL dapat dengan mudah untuk mendapatkannya.
  • MySQl stabil dan tangguh dalam pengoperasiannya
  • My SQl mempunyai sistem keamanan yang cukup baik
  • Sangat mendukung transaksi dan mempunyai banyak dukungan dari komunitas
  • Sangat fleksibel dengan berbagai macam program
  • Perkembangan dari MySQl sangat cepat

Kelemahan MySQL

Selain kelebihan yang disampaikan diatas, ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh mySQl, diantaranya:

  • Kurang mendukung koneksi bahasa pemrograman seperti Visual basic atau biasa kita kenal dengan sebutan VB, Foxpro, Delphi dan lain-lain sebab koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari bahasa pemrograman visual tersebut.
  • Data yang dapat ditangani belum besar dan belum mendukung widowing function.

Sekian, penjelasan mengenai MySQL ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

#ESN

 

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Berikan komentar Anda