Mengetahui Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa SEO adalah tools atau cara untuk meningkatkan trafict pengunjung. SEO digunakan agar sebuah website dapat berada pada rating pertama pencarian. Dalam SEO Sendiri terdapat 2 jenis SEO, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Kali ini, JH Blog akan membahas mengenai perbedaan dari kedua jenis SEO tersebut.

SEO On Page 

SEO on page ialah Optimisasi SEO yang dilakukan dari dalam blog atau website itu sendiri,  dalam artian Anda sebagai pemilik blog atau website mendesain sesuai dengan kaidah SEO. SEO On page bertujuan untuk memastikan bahwa website relevan dengan apa yang di cari para pembaca.

Komponen dalam SEO On Page 

Ada beberapa komponen penting yang harus ada dalam SEO Onpage. Berikut ini di antaranya.

  • Konten Berkualitas

Konten dengan kualitas rendah tidak akan mampu untuk menembus peringkat teratas pada search engine. Hal ini berarti konsep SEO Onpage yang anda terapkan pada website salah dan telah gagal.

  • Pemilihan Keyword

Pemilihan keyword tentunya akan sangat berpengaruh dalam menaikan peringkat website anda pada search engine. Selain pemilihan keyword yang populer, keyword yang anda gunakan harus tepat sasaran dan sesuai dengan isi dari ko9nten website anda.

  • Pemilihan Judul

Pemilihan judul merupakan faktor utama dalam menarik pelanggan mengunjungi website anda.  Biasanya para pengunjung cenderung memilih artikel dengan judul yang lebih mearik menurutnya.

  • Reverensi Link Ke Website Lain

Google hanya memilih konten yang dianggap berguna dan sudah terpercaya. Oleh karena itu website baru yang belum diminati google akan sangat terbantu dengan cara memberikan reverensi link ke website yang telah berada di peringkat atas pada kontennya.

  • Internal Link

Cara ini digunakan untuk mereverensikan konten lain pada website anda yang masih berhubungan dengan konten.

  • Menu Share Social Media

Menu share akan sangat penting untuk website. Menu ini akan memungkinkan pembaca mereferensikan website ke teman atau rekannya. Hal ini juga dapat menaikan traffict website.

  • Kecepatan Dan Responsif

Website yang lebih cepat akan mendapatkan peringkat yang lebih baik. Peningkatan kecepatan bukan hanya untuk mesin pencari. Pengunjung juga akan jadi lebih nyaman berada dalam website yang waktu loadingnya singkat.

SEO Off Page

Teknik SEO On-Page yang lebih dominan terhadap optimasi didalam halaman website itu sendiri, Teknik SEO Off-Pageadalah sebuah proses optimasi yang dilakukan dari luar, yaitu dengan mencari backlink dan mempromosikan website tersebut.

Metode SEO Off Page

Berikut ini adalah beberapa metode yang ada pada SEO Offpage

  • Link Buliding

Metode ini adalah metode yang paling populer dan efektif. Link building adalah sebuah teknik optimasi yang dilakukan untuk mendatangkan backlink berkualitas ke halaman website kita.

  • Social Media

Saat ini hampir semua orang memiliki madia sosial. Pengguna media sosial semakin lama juga semakin bertambah. Menurut perhitungan terakhir, jumlah pengguna media sosial diseluruh dunia berjumlah 3,8 milyar dan di prediksi akan terus bertambah. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah website dan meletakan link pada social yang dimiliki oleh pemilik website.

  • Local SEO

Local SEO adalah jenis SEO yang secara spesifik digunakan untuk mengoptimasi mesin pencari, terutama untuk bisnis-bisnis lokal. Dengan menggunakan local SEO, bisnis akan muncul di halaman pertama hasil pencarian Google, terutama di Map Pack.

Berikut adalah, perbedaan dari jenis SEO yang ada. Semoga, artikel kali ini dapat bermanfaaat bagi anda.

Baca juga : Manfaat mengenal SEO

#RAS

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Berikan komentar Anda