Mengenal dan Menggunakan ModSecurity Pada CPannel

Kejahatan di dunia internet semakin banyak, jika kita membicarakan mengenai kejahatan pada dunia maya tidak akan ada habisnya. Kejahatan yang banyak terjadi, biasanya menyerang situs – situs website yang ada, karena dengan menyerang situs website pengguna akan dituntut untuk membayarkan sejumlah uang agar website mereka kembali seperti semula. Biasanya, bagi para pengguna webhosting yang masih awam belum mengetahui bagaimana agar website mereka aman dari kehatan cyber.

Salah satu cara mengamankan website yang dapat digunakan untyuk menghindari serangan hacker adalah Web Aplication Firewall (WAF). WAF adalah sebuah Firewall yang berjalan pada layer aplikasi yang di gunakan untuk memonitor dan memodifikasi http request. Salah satu WAF yang dapat digunakan untuk mengamankan website adalah ModSecurity. Lantas, apa itu ModSecurity?. Nusablog akan membahasnya pada artikel kali ini.

Pengertian 

ModSecurity merupakan web application firewall, Seperti firewall pada umumnya yaitu melakukan filter data masuk dan keluar dan dapat untuk menstop traffic yang dianggap berbahaya sesuai dengan rule yang ditetapkan.

Pengaktifan

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan ModSecurity melalui Cpanel.

  • Login Cpanel

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah login kedalam cpanel hosting.

  • Klik Menu pilihan ModSecurity

  • Pengaktifan

Pengaktifan ModSecurity dilakukan dengan cara klik pilihan On pada domain yang akan di pilih.

Setelah pengaktifan berhasil maka akan muncul keterangan Seperti pada gambar di bawah

  • Penon-Aktifan

Penon aktifan ModSecurity menggunakan cara yang hampir mirip dentgan cara pengaktifannya. Yang membedakan adalah saat penon-aktifan maka pilihan yang dipilih pada Menu MoodSecurity adalah pilihan Off

Setelah Proses Penon-aktifan selesai. Maka akan muncul keterangan seperti pada gambar berikut.

Demikian, artikel mengenai cara menggunakan ModSecurity pada CPannel. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

#RAS

Berikan komentar Anda