Panduan : Cara Menulis Artikel Blog yang Baik

Hai sobat Jogjahost! Tentu dalam sebuah blog atau website diperlukan artikel yang baik. Naah artikel blog yang baik bukan lah artikel yang hanya disukai oleh google saja. Namun, artikel yang baik adalah artikel yang juga disukai oleh para pembaca. Sehingga pembaca nyaman berlama-lama membaca artikel kita. Bahkan bukan hanya berlama-lama membaca, tetapi juga men share artikel kita.

Ciri khas artikel yang disukai pembaca adalah artikel tersebut memiliki komentar positif, dan banyak yang membagikan artikel tersebut. Apabila artikel kamu disukai oleh pembaca, tentu artikel kamu akan disukai oleh google juga.

Jadi bagaimanakah cara menulis artikel blog yang baik?

1. Membangun sebuah ide

Buatlah sebuah ide yang berbeda dalam sebuah market

Coba untuk membuat artikel berdasarkan:

  • feedback dari pembaca
  • permasalahan yang sering, akan atau sedang terjadi
  • menganalisa kompetisi

Coba cari kompetitor Anda di halaman pertama Google. Pelajari sesuatu dari nya, dan lakukanlah improvisasi pada blog Anda. Namun jangan mengganggunya.

2. Membuat Headline

Buatlah headline tidak lebih dari 65 karakter

Gunakan frasa atau kata kunci yang mengandung SEO (search engine optimization) dari blog

Amati situs yang membuat headline bagus, seperti Viral Nova, Viperchill, Boost Blog Traffic, sebagai panduan membuat headline

3. Tulislah perkenalan atau pendahuluan

Baris pertama dari artikel sebaiknya adalah perkenalan, pengenalan permasalahan, dan kata kunci.

Ceritakan pada pembaca, apa yang akan mereka pelajari pada artikel Anda, apa saja yang akan mereka dapat.

4. Buat daftar poin utama

Buatlah list atau daftar apa saja topik yang akan dibahas dalam artikel Anda

5. Cari Referensi

Bukalah tab baru dan carilah referensi artikel yang serupa, agar pengetahuan Anda lebih mendalam. Dengan begitu, Anda dapat menulis artikel baru yang berbeda dengan lainnya.

Apabila Anda stuck, Anda dapat melakukan improvisasi dari berbagai artikel yang telah Anda jadikan referensi.

6. Tulislah 1000 hingga 2500 kata

Menulis hingga 2000 kata lebih tentunya akan memuaskan dibanding hanya menulis sedikit. Karena dengan begitu, pembahasan yang disampaikan akan terasa lengkap dan mendalam.

Sehingga akan memuaskan pengunjung dalam membacanya. Hal ini juga disukai oleh mesin pencari Google. Sehingga bagus bagi SEO website atau blog Anda.

7. Berikan Bonus

Pada poin ini, Anda dapat memberikan tambahan paragraf, quote, tips, video, foto, share to social media, referensi, dan lainnya. Dengan tujuan agar konten utama memiliki level yang lebih tinggi. Sehingga mungkin akan membuat artikel Anda mencapai 1000-2500 kata.

Coba untuk menautkan link ke blog lain yang memiliki topik yang bersangkutan. Dan pastikan Anda juga memberikan link kepada postingan Anda yang lainnya.

8. Buat pertanyaan di akhir artikel

Jangan hanya mengakhiri topik saja tanpa ada timbal balik dari pembaca.

Buatlah pertanyaan pada akhir artikel, dan siapkan kolom komentar untuk berdiskusi bersama.

9. Pilih Foto Utama

Foto memberikan pengaruh yang besar pada artikel. Dengan foto yang bagus dan sesuai dengan judul dan isi artikel tentu akan membuat pengunjung mau klik link artikel. Sehingga pilihlah foto yang berkualitas.

Foto yang memiliki size besar akan memberatkan server. Kompress lah foto sehingga ringan namun tetap memiliki kualitas yang tinggi. Pastikan foto utama Anda memiliki format dan ukuran yang sama dengan posting artikel lainnya. Sehingga akan seragam dan tampak rapi.

10. Publikasikan di waktu yang tepat

Baca kembali artikel Anda, dan lakukan pengeditan apabila diperlukan. Tapi jangan habiskan waktu Anda untuk itu. Publikasikan postingan Anda di waktu yang tepat. Sesuaikan dengan tema dari konten post Anda.

3 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menulis Artikel

Mari kita mulai dari hal yang perlu disiapkan sebelum menulis. Sehingga kita memiliki kesiapan dan persiapan sebelum menulis sesuatu. Ini seperti sebuah perencanaan sehingga artikel Anda memiliki konsep dan lebih terstruktur.

1. Tanyakan pada diri Anda “…dan kemudian apa?”

Sebelum Anda mulai menulis. Pastikan semua postingan artikel Anda seperti sebuah team. Saling melengkapi satu sama lain untuk bisa mendapatkan goal. Dan ingat lah bahwa semua yang Anda tulis dapat menyelesaikan permasalahan kehidupan orang lain.

Dan secara umum, jadilah sesuatu yang setidaknya sedikit memberikan kebaikan di dunia.

Hal ini penting 🙂

2. Lebih dan lebih

Tulislah lebih dan lebih, curahkan semua yang Anda ketahui tentang topik yang akan dibahas dalam artikel. Mungkin tidak semua orang mampu membaca hingga 2500 kata.

Namun jika Anda mempersiapkan seperti apa Anda akan menulis, apa saja yang akan Anda tulis, maka 2500 kata pasti akan memuaskan pembaca artikel Anda.

3. Preview dahulu sebelum dipublikasikan

Tulisan yang Anda simpan di dalam draft sebaiknya di preview terlebih dahulu sebelum di publikasikan. Pastikan Anda sudah benar-benar mengkoreksi nya dan mantab untuk dipublikasikan.

Meskipun pada suatu saat mungkin akan ada tulisan Anda yang dikoreksi setelah dipublish.

Memang dalam menulis akan ada trial dan error. Beberapa hal di bawah ini yang perlu Anda cek dalam tulisan artikel yang baik:

1. Font size

Tentukan ukuran tulisan yang baik dan enak dibaca

2. Kualitas gambar

Gunakan gambar berkualitas dengan ukuran yang ringan

3. yang pendek

Paragraf yang terlalu panjang akan membuat pembaca jenuh. Pecah paragraf Anda agar lebih menyegarkan mata.

4. Text tebal dan list

Text tebal dan list dapat mengistirahatkan pembaca dari paragraf yang membosankan. Gunakan text tebal pada sesuatu yang penting atau list pada bagian yang tepat.

5. Lebar halaman konten 

Halaman konten yang terlalu lebar akan membuat kelimat terlihat begitu panjang. Gunakan area konten antara 650 hingga 800 pixel. Hal ini untuk mencega kelelahan mata.

Bagaimana mengetahui tolak ukur keberhasilan artikel Anda

Setelah menulis artikel, mestinya Anda ingin tahu bagaimana pendapat orang lain tentang artikel Anda. Dalam hal ini, Anda perlu melakukan follow up terhadap artikel Anda.

1. Strategi mailing list
Setelah menulis, beritahu kepada daftar email Anda bahwa Anda telah menulis artikel baru. Dalam hal ini, Anda perlu mengumpulkan email para pengunjung. Anda dapat menggunakan plugin subscribe, apabila Anda menggunakan wordpress.

2. Testing secara periodik

Mungkin dari sekian artikel di website Anda, ada beberapa yang ramai dikunjungi bahkan viral. Coba amati dan lakukan testing kembali untuk artikel-artikel selanjutnya.

3. Membuat iklan

Iklan juga berpengaruh dalam mempercepat pertumbuhan website. Karena iklan adalah cara cepat agar orang lain mengunjungi blog atau website Anda.

Anda dapat beriklan di sosial media, seperti facebook ads atau di mesin pencari seperti google adwords. Apabila banyak pengunjung, berarti artikel Anda menarik untuk dibaca.

4. Melayani komentar pengunjung
Pelayanan adalah hal yang tidak bisa ditinggal, karena Anda sudah membuat sesuatu tentu akan ada yang menanggapi. Tanggapi lah kembali komentar orang lain dan Anda akan mengetahui pendapat mereka tentang artikel Anda.

Apakah Anda sudah memiliki artikel yang baik?

Pernahkah Anda menulis suatu artikel dan menjadi viral? Saya tertarik sekali mengetahuinya. Silakan tinggalkan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini.

#JDA

Semoga bermanfaat

Tim Creative

Jogjahost.co.id| Dedicated Server Indonesia

Richo

Semoga bermanfaat Tim Creative Jogjahost.co.id| Dedicated Server Indonesia

Berikan komentar Anda