10 Manfaat Website bagi Perusahaan untuk Mendongkrak Pemasaran

Pada saat ini perkembangan teknologi internet semakin maju. Sehingga banyak orang, baik dari desa maupun kota dapat mengakses internet. Bahkan dengan ketersediaan smartphone membuat orang-orang mampu mengakses berbagai media online dengan cepat. Dapat dipastikan bahwa hampir semua orang kini menggunakan smartphone yang terkoneksi dengan internet. Dengan demikian, internet kini dapat diakses oleh semua orang.

Manfaat Website bagi Perusahaan

Preview

Salah satu hal yang paling dicari dalam penggunaan internet adalah informasi. Informasi biasa disediakan oleh website. Karena website mampu menyajikan berbagai informasi yang dapat menjawab kebutuhan pengakses internet.Dengan begitu, maka website merupakan suatu kebutuhan yang menjadi prioritas bagi perusahaan dalam pengembangan usahanya. Karena dengan website, perusahaan tidak hanya memberikan informasi saja tetapi juga dapat berkomunikasi dengan pelanggan. Website bagi perusahaan juga dapat digunakan sebagai media promosi dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat website bagi perusahaan

1. Sarana sumber informasi

Fungsi utama dari website sebagai sumber informasi dapat menjadi manfaat pokok bagi perusahaan. Dengan adanya website maka perusahaan dapat memberikan informasi lengkap mengenai bisnis atau produk atau layanan yang diberikan.

Sehingga, pelanggan tidak perlu repot bertanya yang memerlukan respon cepat dari perusahaan. Dengan begitu maka perusahaan dapat mengarahkan pengunjung ke halaman website yang menyediakan infromasi lengkap seperti brosur, atau katalog, dan lain sebagainya.

2. Meningkatkan visibilitas/kehadiran perusahaan

Website secara tidak langsung membuat perusahaan memiliki nilai tambah dari segi visibilitas. Sehingga dapat diartikan bahwa perusahaan tersebut eksis dan membuka ruang pamer atau show room baru di media online.

3. Memudahkan pelanggan untuk menghubungi kita

Jika dahulu pelanggan harus menyimpan kartu nama atau nomor telepon, maka kini dengan website perusahaan maka pelanggan bisa mendapatkan informasi kontak di bagian halaman kontak.

Bahkan kini sudah tersedia plugin whatsapp yang dapat dipasang di website dan terkoneksi langsung dengan whatsapp perusahaan. Sehingga memudahkan pelanggan dalam menghubungi kita.

4. Menambah kredibilitas perusahaan

Kredibilitas atau tingkat kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan akan meningkat dengan adanya website. Hal tersebut membuat perusahaan lebih profesional.

Terlebih apabila perusahaan menggunakan domain TLD dengan tambahan SSL/HTTPS pada website maka akan menambahkan trusted atau lebih meyakinkan bagi pelanggan.

5. Memperluas segmentasi pasar / market

Karena website dapat diakses dari mana saja di penjuru dunia selama terhubung dengan internet, maka perusahaan bisa memiliki peluang segmentasi yang luas.

Dengan begitu, segmentasi pasar tidak hanya di lokal saja, tapi hingga luar pulau bahkan luar negeri.

6. Meningkatkan omset penjualan

Impact dari manfaat pada nomor 5 di atas adalah pada omset penjualan. Karena segmentasinya semakin luas, maka peluang terjual pun semakin banyak.

Hal ini lah yang akan meningkatkan omset penjualan produk atau layanan perusahaan hingga ratusan persen dibanding jika perusahaan tidak memiliki website.

7. Dapat dikunjungi pelanggan kapan pun

Dengan akses internet, maka pelanggan dapat mengunjungi website kapan pun. Sehingga tidak perlu datang ke perusahaan sesuai dengan waktu jam kerja.

Karena informasi sudah ada di website, pelanggan tinggal memutuskan langkah apa yang akan diambil setelah mengunjungi website perusahaan.

8. Meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan

Secara tidak langsung, website telah meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan. Pelanggan akan merasa dilayani dengan baik dengan berbagai informasi di website.

Apalagi kalau website menyediakan layanan chat yang dapat langsung berkomunikasi dengan customer service melalui website. Tentu akan memudahkan komunikasi antara pelanggan dengan perusahaan.

9. Biaya Murah

Meskipun murah itu relatif, namun apabila dilihat dari segi manfaatnya maka website jauh lebih murah. Agar website Anda dapat online, Anda hanya perlu melakukan sewa hosting dan domain yang dapat dibayar minimal per satu tahun an.

Anda juga dapat membuat website menggunakan CMS seperti wordpress, joomla, yang mudah tanpa harus melakukan koding.

10. Mendapatkan data pelanggan

Dengan website Anda juga bisa mendapatkan data pelanggan. Anda bisa menggunakan plugin subscribe atau kontak form untuk mendapatkan data pelanggan.

Dengan begitu, apabila Anda ingin memberitahu pelanggan tentang produk terbaru atau diskon, dapat mengirimkan ke daftar email pelanggan yang Anda dapatkan melalui website.

Kesimpulan

Nah demikianlah 10 Manfaat Website bagi Perusahaan. Dan masih banyak lagi manfaat yang didapat dari website. Kalau kamu tahu manfaat lain nya kamu dapat menambahkannya di kolom komentar di bawah ini. Baik lah kalau begitu cukup sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat! 🙂

Baca juga: Cara Menaikkan Peringkat Artikel di Google

#JDA

 

 

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling

2 tanggapan untuk “10 Manfaat Website bagi Perusahaan untuk Mendongkrak Pemasaran

  • Desember 7, 2018 pada 6:00 am
    Permalink

    sipp makasih 😀

Berikan komentar Anda