Apakah Google AMP dan Baguskah Untuk SEO?

Pernahkah Anda mengakses sebuah situs menggunakan smartphone, dan tampilan situsnya berbeda dari sebelum-sebelumnya? Ya mungkin tampilannya menjadi lebih sederhana. Namun anehnya, situs tersebut menjadi lebih cepat diakses dari yang sebelumnya. Bisa-bisa situs tersebut menggunakan fitur Google AMP dari Google. Apakah Google AMP dan Baguskah Untuk SEO?

Pengertian Google AMP

Google AMP adalah singkatan dari Google Accelerated Mobile Pages yang artinya adalah Halaman Seluler yang Dipercepat. Fungsi dari Google AMP adalah membuat website lebih cepat saat diakses menggunakan mobile atau smartphone. Namun tampilannya akan berbeda dari tampilan desktop atau tampilan mobile yang tidak menggunakan google AMP.

Dengan Google AMP maka website Anda akan 4x lebih cepat diakses dengan pengunaan data 8x lebih sedikit dari penggunaan data pada mobile.

The Next Web melansir bahwa Google telah melakukan percobaan dan membuktikan adanya peningkatan antara 15 hingga 85 persen pada koneksi 3G

Google juga mengumumkan bahwa hampir 30 penerbit di seluruh dunia mengambil proyek AMP ini. Hal ini adalah kolaborasi yang menarik antara publisher dengan perusahaan teknologi digital. Sehingga semuanya dapat saling berkontribusi dalam pembuatan web mobile yang menarik dan cepat diakses.

Situs seprti WordPress.com, Pinterest, Twitter, Adbobe, LinkedIn, Parse.ly, merupakan kelompok pertama yang bermitra dan berencana mengintegrasikan halaman website nya dengan AMP.

WordPress juga memberi pengumuman bahwa akan membuat plugin AMP sehingga semua situs yang menggunakan WordPress dapat menggunakan fitur AMP.

Tampilan AMP pada Blog Jogjahost

Berbeda dengan tampilan desktop, versi AMP lebih clear dan cepat dalam loading.

Baguskah untuk SEO?

Google sendiri mengklarifikasi bahwa penggunaan tools ini tidak ada kaitannya dengan penilaian peringkat halaman web atau SEO dalam algoritma pencarian.

Namun siapa juga yang tidak suka mengakses website dengan cepat? Jika banyak yang menyukainya, maka akan berdampak pada kenaikan popularitas dan website tersebut.

Demikianlah artikel Apakah Google AMP dan Baguskah Untuk SEO? Kini Anda dapat pertimbangkan apakah menggunakan AMP Google atau tidak. Apakah kamu tertarik menggunakannya? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini.

 

 

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Berikan komentar Anda