Beberapa Hal Dari Opencart Yang Perlu Anda Ketahui

Pengertian

OpenCart merupakan salah satu aplikasi web CMS yang dikhususkan untuk penjualan online atau sering disebut e-Commerce. CMS ini mudah untuk digunakan dan juga SEO friendly. Dengan tampilan visual yang baik, tentu akan membuat suatu website menarik perhatian bagi pengunjung. Namun setiap aplikasi tentunya punya karakter, kelebihan, kekurangan, yang perlu kita ketahui. Oleh karenanya, pada kali ini, JH Blogs akan mengupas Beberapa Hal Dari Opencart Yang Perlu Anda Ketahui.

Fitur-fitur

Beberapa Hal Dari Opencart Yang Perlu Anda Ketahui

Dashboard Admin Full Custom

Dashboard pada Admin dapat dicustom sesuai dengan selera Admin. Dan karena dashboard Admin, maka terdapat pengaturan-pengaturan di dalamnya. Pengaturan tersebut meliputi pengelolaan pelanggan, produk, penjualan, pengiriman, pembayaran, modul dan ekstensi, mata uang, bahasa, template, banner, afiliasi, pemasaran, statistik dan sebagainya

Multi User

OpenCart menyediakan multi user sehingga dapat menambahkan beberapa user yang memiliki hak akses yang berbeda di dalam website. Sehingga akan mempermudah pengelolaan website.

Multi Store

Fitur ini akan memudahkan Anda dalam memanage banyak store yang dikelola dalam satu dashboard admin. Sehingga akan membuat pengelolaan store lebih efisien.

Affiliasi

Menu affiliasi mempermudah dalam pemasaran produk, karena kita akan bekerjasama oleh affiliator. Para affiliator yang mendaftar pada program afiliasi kita akan memasarkan produk kita. Saat produk yang dijual affiliator laku, maka kita akan membagikan sebagian keuntungan yang otomatis masuk ke dalam saldo affiliator. Tentu saja fitur ini memiliki kemampuan tracking yang bagus.

Responsive

CMS ini responsive, artinya dapat menyesuaikan tampilannya pada device apa pun. Misalnya dibuka di laptop, hp, komputer desktop, dan lainnya. Maka tampilan dari OpenCart tetap rapi atau tidak akan berantakan.

SEO

Fitur ini yang sering diincar oleh pelaku bisnis online. Karena denga fitur ini akan membuat website kita berada pada halaman pertama mesin pencari. Oleh karena itu, OpenCart menyediakan fitur SEO untuk mendukung para pelaku bisnis online.

Keunggulan

Kustomisasi Mudah

Kustomisasi adalah hal yang sangat penting untuk di kuasai oleh admin dari sebuah online shop. Jika kustomisasi dilakukan dengan kurang baik, akan dapat berdampak buruk dengan hasil akhir interface  yang berantakan.

Proses loading yang ringan dan cepat

Karena perancangan web nya yang bagus, maka OpenCart ringan dan cepat saat diakses. Tentunya dengan koneksi internet yang baik juga.

Fitur yang sederhana namun lengkap dan mudah dipahami

Admin akan dimudahkan dalam pengelolaan web karena sistem dari pada OpenCart lengkap, dan mudah dipahami

Kelemahan

Tentuanya apabila sesuatu ada kelebihan, maka akan ada kelemahan. Salah satu kelemahan OpenCart adalah pengguna yang baru akan kesulitan dalam pemasangan chatbox, script iklan. Namun, kami rasa lambat laun hal itu akan diperbaiki lagi oleh OpenCart.

Demikianlah Beberapa Hal Dari Opencart Yang Perlu Anda Ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda 🙂

#JDA

 

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Berikan komentar Anda