Mengenal Lebih Dekat dengan CMS Joomla

Hai sobat Jogjahost! Apakah CMS yang biasa kamu gunakan? Dari sekian banyak CMS, ada salah satu CMS yang akan JH Blogs pada kesempatan kali ini. Ya, Joomla tentunya. Jadi apakah yang membedakan Joomla dengan CMS lainnya? Yuk kita bahas bersama untuk mengenal lebih dekat dengan cms joomla.

Pengertian

Apa sih Joomla itu? Yuk Mengenal Lebih Dekat dengan CMS Joomla. Joomla merupakan salah satu CMS yang populer saat ini. Dengan Joomla, Anda dapat membuat website dengan mudah, cepat dan mengikuti perkembangan dunia maya.

Dengan keunggulannya tersebut, maka Joomla sering digunakan untuk membuat web blogging, sekolah, perusahaan, dan lain sebagainya. Joomla sendiri merupakan CMS open source.

Yang artinya Anda dapat memodifikasi CMS ini sesuai dengan keinginan Anda. Untuk dapat memodifikasi Joomla, setidaknya anda harus memahami HTML, PHP, CSS dan MySQL.

https://wp.me/pa4Tl1-p6

Sejarah

Pada tanggal 17 September 2005, diluncurkanlah Joomla versi awal yaitu Joomla 1.0.0 yang mana versi ini adalah alias dari Mambo 4.5.2.3 yang dikembangkan oleh (Pengembang Inti Mambo hingga Agustus 2005) yang sudah hengkang dari Mambo.

Pemimpin Tim saat itu adalah Andrew Eddie yang dikenal dengan julukan “MasterChief”. Dia menulis surat terbuka di komunitas dan diumumkan di forum mamboserver.com.

Tim pengembang kemudian membuat situs OpenSourceMatters untuk mendistribusikan informasi ke pengguna, pengembang, desainer web dan komunitas lain pada umumnya.

Sehingga Joomla semakin dikenal oleh komunitas pengembang web hingga saat ini. Joomla dapat diunduh pada situs resminya joomla.org

Perkembangan

Saat ini Joomla 3.8.x yang dapat diunduh di www.downloads.joomla.org. Semakin baru versi Joomla memiliki penyempurnaan dari versi-versi sebelumnya.

Mengenal Lebih Dekat dengan CMS Joomla

Keunggulan

1. Merupakan CMS open source yang powerfull

2. Mudah digunakan dan di customisasi

3. Dapat digunakan secara gratis

4. Mempunyai komunitas pengembang joomla

4. Selalu up to date

Kelemahan

1. Keterbatasan ACL atau Access Control Limit

2. Keterbatasan cache memory

Kesimpulan

Joomla adalah salh satu CMS yang dapat menjadi pilihan Anda dalam membuat website, karena mudah digunakan, gratis, dan memiliki komunitas pengembang joomla yang selalu update.

Baca juga:

Demikianlah artikel mengenai Mengenal Lebih Dekat dengan CMS Joomla. Jika Anda menyukai artikel ini, kami akan senang jika Anda men share artikel ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih. 🙂

#JDA

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling