Pilih Blogspot atau WordPress?

Hai sobat jogjahost, apakah kamu pengguna blogspot atau wordpress? Nah seiring dengan perkembangan dunia internet, maka aktivitas blogging sudah tidak menjadi hal yang tidak begitu asing lagi. Saat ini sudah banyak sekali blogspot yang dapat kita jumpai di internet, mulai dari jenis blog kuliner, olahraga, musik, agama, dan lainnya.

Dengan perkembangannya ini, maka siapa saja kini dapat melakukan blogging. Bagi Anda yang berniat untuk membuat blog, Anda mungkin pernah mendengar istilah wordpress dan blogspot. Dan kedua platform ini tentunya akan membuat Anda harus memilih keputusan apakah pilih blogspot atau wordpress.

Sebelum kita membahas kelebihan dan kekurangannya, marilah kita membahas terlebih dahulu apa itu blogspot dan apa itu wordpress.

Tentang Blogspot

Pilih Blogspot atau WordPress

Didirikan pertama kali pada tahun 1999, Blogger merupakan salah satu interface pengguna pertama yang ramah untuk para blogger. Sedikit mengulik tentang sejarah blogger.com, situs ini diciptakan oleh Pyra Labs, yang memulai perusahaan kecil ini di San Francisco di tengah bangkitnya dot com.

Setelah beberapa tahun, perusahaan mulai menghasilkan lebih banyak pengguna dan traffic. Pada tahun 2002, mereka menarik beberapa ratus ribu pengguna.

Setelah dibeli oleh Google, situs tersebut tidak banyak berubah, dan mereka mengkhususkan diri pada interface yang mudah digunakan bagi blogger yang tidak memerlukan banyak fitur.

Tentang WordPress

Pilih Blogspot atau WordPress

Dibuat pada setahun sebelum Google membeli Blogspot, WordPress dibuat untuk memberi para blogger platform blogging yang lebih kompleks dan banyak fitur.

Gaya simpelnya disambut baik bagi pengguna yang menginginkan foto dan konten tertulis mereka bersinar dibanding dengan widget di websitenya .Wordpress dibuat di PHP dan MySQL & awalnya disebut b2/cafelog.

Berikut ini Acuan Memilih Blogspot atau WordPress

1. Faktor Biaya

Dalam hal biaya, blogspot relatif lebih murah dari wordpress. Karena di blogger kita diberikan fasilitas hosting cuma-cuma dan diberikan sub domain dari blogspot. Namun Anda dapat melakukan custom nama domain blogspot dengan membelinya sekitar 10$.

WordPress juga gratis jika Anda menggunakan sub domain dari wordpress. Apabila anda ingin menggunakan wordpress dengan pilihan doman anda sendiri, Anda dapat membeli hosting dan juga domain agar website Anda dapat online. Dan Anda dapat memilih perusahaan hosting terpercaya yang digunakan untuk menyimpan data website Anda.

2. Faktor Cara Menggunakan

Dengan akun gmail, Anda akan langsung dapat membuat blogspot di situs blogger.com. Dengan blogger, anda juga dapat mengelola banyak blog dalam satu akun.

Dengan wordpress, apabila Anda ingin menggunakan subdomain wordpress maka anda cukup mendaftar di wordpress.com. Sedangkan apabila Anda ingin menggunakan wordpress berbayar, maka Anda harus membeli domain dan hosting untuk bisa menggunakan wordpress.

3. Pilihan Kustomisasi

Dalam hal kustomisasi, wordpress jauh lebih unggul dari blogspot. Hal hal seperti mengatur warna, menu, halaman, dan gambar tentu akan lebih mudah dilakukan di wordpress daripada di blogspot.

Selain itu, wordpress juga memiliki banyak theme dan plugin dari pihak ke tiga yang dapat Anda gunakan. Denga menggunakan theme dan plugin tentu website Anda akan lebih interaktif.

4. Kepemilikan dan Kontrol

Salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam membuat website adalah kepemilikan dan kontrol. Apabila Anda menggunakan wordpress, maka Anda dapat menggunakannya sesuka hati karena wordpress adalah cms yang open source.

Tentunya setiap layanan hosting memiliki ketentuannya sendiri, oleh karena itu jangan sampai melanggar TOS dari jasa layanan hosting tersebut. JH Blogs memiliki TOS yang dapat Anda baca di sini

5. Support dan Maintenance

Salah satu nilai plus dari blogspot adalah web anda dihosting di Google, sehingga sangat sedikit kemungkinan web Anda diganggu oleh orang lain.

Sedangkan WordPress jauh lebih terbuka dan dapat dikonfigurasi. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa Anda dapat leluasa menginstal plugin sesuai keinginan Anda.

Jogjahost juga menyediakan fitur Softaculous yang menyediakan berbagai CMS termasuk WordPress. Dengan Softaculous, Anda dapat menginstall WordPress dengan cepat dan mudah.

Kesimpulan

Baik Blogspot maupun WordPress memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Dengan berbagai perbedaan yang telah di bahas di atas, kini kamu dapat menentukan mana yang cocok dengan kebutuhan kamu. Jika kebutuhan kamu hanya sekedar blog, kamu dapat menggunakan blogspot. Namun jika web kamu akan digunakan untuk usaha atau butuh kustomisasi yang lebih bagus lagi dengan berbagai fitur, maka kami menyarankan untuk menggunakan wordpress.

Baca juga: Plugin Keamanan WordPress Terbaik

Demikianlah artikel mengenai Pilih Blogspot atau WordPress? Semoga bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk membangun sebuah blog. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂

 

 

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling