Tips dan Trik Meningkatkan Keamanan Website Joomla

Joomla merupakan salah satu CMS yang populer dan banyak penggunanya. Sehingga akan menarik perhatian para peretas. Oleh karenanya, kita perlu untuk meningkatkan keamanan nya. Pada kali ini JH Blogs akan membagikan beberapa tips dan trik meningkatkan keamanan website Joomla. Yuk kita simak caranya.

Berikut Tips dan Trik Meningkatkan Keamanan Website Joomla

1. Keep Update

Melakukan pembaruan versi joomla setiap kali update joomla release. Karena update terbaru akan memperbaiki bug pada versi sebelumnya. Dan membuat joomla Anda menjadi lebih baik. Anda dapat melakukan update melalui update manager for joomla. Dan rajin-rajinlah berkunjung ke situs joomla untuk mendapatkan kabar terbaru.

2. Ganti prefix database

Melakukan hal ini akan menghindari database joomla dari sql injection. Misal saat menginstall joomla, prefix database nya adalah ajcx_ maka cobalah ganti dengan yang lain, misal efjh_ . Component QTablePrefix dapat membantu penggantian prefix lebih mudah.

3. Install Plugin Terpercaya

Tak jarang hacker menaruh script inject pada plugin, oleh karena itu selalu lah menginstal plugin yang memang terpercaya. Anda dapat mengakses link http://docs.joomla.org/Vulnerable_Extensions_List. Untuk melihat daftar plugin yang memiliki bug atau memiliki celah keamanan.

4. Ubah username dan password secara berkala

Hal ini perlu dilakukan, karena peretas memiliki banyak cara untuk mencuri data username dan password.

5. Backup database secara berkala

Data yang terdapat pada database adalah ibarat makanan dari suatu website. Oleh karenanya, backup lah database secara berkala. Untuk menghindari kehilangan data pada database.

Baca juga:

Demikianlah Tips dan Trik Meningkatkan Keamanan Website Joomla. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

#JDA

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling