Apa Itu Progressive Web Apps (PWA)?

Apa Itu Progressive Web Apps? Hai sobat Jogjahost! Apabila kita kembali ke 2013, maka dalam dunia website tahun itu disebut sebagai “Tahun Desain Web Responsif”. Kemudian pada April 2015, Google mengumumkan Mobilegeddon. Dan meningkatkan peringkat situs web yang mobile friendly. Dan di tahun 2016, AMP atau Accelerated Mobile Pages diperkenalkan.

Kemudian tahun 2017 diperkenalkan lah Progressive Web Applications (PWA) yang telah didukung browser Google Chrome. Hal ini menjadikan bukti bahwa teknologi web terus berkembang . Dengan begitu, pada 2018 Progressive Web Apps menjadi ramai diperbincangkan.

Apa Itu Progressive Web Apps?

Secara teknis, progressive web apps adalah gabungan antara web apps dengan mobile apps. Namun berbicara Progressive Web Apps, tentunya yang utama adalah kata progressive di mana maksud sebenarnya adalah peningkatan pengalaman user secara progresif atau bertahap.

Apa Itu Progressive Web Apps?

Karakteristik Progressive Web Apps

Nah berikut ini adalah beberapa karakteristik progressive web apps. Anda dapat merasakan beberapa karakteristik berikut ini jika menemui web yang sudah menggunakan teknologi PWA ini.

  • Bersifat Progresif – Dapat digunakan di semua browser dengan loading yang cepat, dan dibangun dengan prinsip progresif
  • Responsive – Dapat bekerja di semua device, baik itu desktop, smartphone, atau tablet
  • Low Data Usage – Dapat dijalankan dengan sedikit konektivitas data
  • Seperti Aplikasi – Memiliki gaya navigasi dan interaksi seperti aplikasi smartphone
  • Up to date – Karena dari ada service worker maka akan selalu up to date
  • User Engagement –  Adanya fitur push notifications meningkatkan pengalaman user engagement

Cara Kerja Progressive Web Apps

Dengan teknologi seperti service workers dan push notifications maka aplikasi dapat melakukan background tasks untuk menyinkronkan dan mengirimi Anda notifikasi ketika tidak sedang dijalankan. Fetch API juga membuat web menjadi lebih cepat dalam meminta data.

PWA memiliki file Web App Manifest yang mampu memberi ikon, nama, penulis, dan deskripsi yang dapat digunakan saat memasang aplikasi ke homepage atau desktop Anda. PWA selalu ditampilkan melalui HTTPS sehingga lalu lintas data nya aman.

Progressive Web Apps juga tidak dikemas dalam file offline. Seperti halnya web biasa yang kita gunakan, PWA juga dihosting sepenuhnya di server. Dan untuk memperbaharuinya juga sama seperti meperbarui aplikasi web di server. Semua browser yang mendukung PWA dapat menggunakan fitur-fitur Progressive Web Applications yang sama.

Apa Saja Keunggulan Progressive Web Apps?

  • Menggunakan Protokol HTTPS

Dengan protokol HTTPS tentu Progressive Web Apps memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Karena selama lau lintas data, data yang dikirimkan selalu terenksripsi. Sehingga tidak ada yang dapat mengubah data selama proses pengiriman data dari server ke client, maupun request dari client ke server.

Apa itu HTTPS? HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure yang berfungsi sebagai protokol yang mengatur komunikasi antara server dengan client.

  • Loading dan respon yang cepat

Sudah terbukti bahwa penggunaan progressive web apps dapat meningkatkan kecepatan dan respon yang cepat. Bahkan seperti tanpa loading, sehingga menimbulkan pengalaman seperti menggunakan aplikasi.

Apa Itu Progressive Web Apps?

  • Adanya dukungan service workers

Service Workers dapat bekerja di latar belakang atau background task, dengan melakukan caching. Dengan begitu, saat koneksi tidak stabil dan bahkan offline pun memungkinkan website masih bisa diakses.

Denga PWA, proses caching dapat berjalan sangat baik. Oleh karena itu, halaman yang sudah di cache oleh browser dapat diakses dengan browser ketika koneksi internet terputus.

  • Adanya push notifications

Push notifications dapat memberikan pemberitahuan kepada pengguna dan meingkatkan interaksi antara Anda denga pengguna web. Penggunaan push notifications yang tepat akan mampu menaikkan engagement dan loyalitas dari pengunjung.

Apa Itu Progressive Web Apps?

  • Add to homescreenApa Itu Progressive Web Apps?

Add to home screen memungkinkan Anda untuk membuat pintasan web pada halaman screen smartphone Anda. Sehingga untuk mengakses website hanya tinggal klik saja pintasan website pada home screen.

  • Memudahkan pengguna untuk registrasi

Apabila website menyediakan keanggotaan untuk registrasi, maka akan dengan mudah pengunjung melakukannya. Karena akses dan respon yang cepat, maka pengguna akan dengan mudah melakukan registrasi.

  • Memudahkan proses pembayaran

Dengan progressive web apps, maka proses pembayaran di dalamnya akan menjadi lebih mudah. Terlebih didukung dengan HTTPS yang tidak perlu diragukan lagi keamanannya.

Mengapa Anda Memerlukan Progressive Web Apps?

PWA bukan hanya tentang meningkatkan performa aplikasi web agar menjadi lebih baik, namun juga menciptakan standar baru untuk aplikasi yang dapat diinstal yang didukung oleh setiap platform.

Sebagai contoh Google dapat mengaktifkan layanan seperti Google Calendar dan Gmail untuk berfungsi pada PWA. Hal Ini berarti mereka dijalankan sebagai aplikasi dengan native-style di Windows dan dicantumkan di Windows Store.

Hal ini tentu akan sangat membantu dalam memecahkan masalah aplikasi di Windows Store, karena Google tidak ingin mendukung Microsoft Universal Windows Platform (UWP). Developer lain yang tidak ingin membuat aplikasi UWP terpisah sekarang PWA dapat mendukung Windows dengan native-style nya.

Kesimpulan

Demikianlah artikel mengenai apa itu Apa Itu Progresive Web Apps?. Dengan adanya progressive web apps maka diharapkan mampu meningkatkan performa web dan pengalaman bagi pengguna secara progresif. Apakah Anda tertarik untuk menjadikan website Anda menjadi progressive web apps? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini 🙂

#JDA

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Berikan komentar Anda