Beberapa Hal Mengenai Ransomware yang Perlu Anda Ketahui

Pada beberapa waktu yang lalu, dunia digemparkan oleh virus komputer yang disebut sebagai Ransomware. Virus ini bisa membuat komputer menjadi tidak dapat berfungsi sama sekali. Sehingga pengguna komputer tidak dapat mengakses data dalam komputer. Dengan keunggulan dari virus ini, maka penyebar virus akan meminta sejumlah uang kepada pengguna komputer yang terserang agar virus dapat dimatikan. Biasanya penyebar virus akan meminta uang dalam bentuk bitcoin, karena dengan bitcoin tidak dapat dilacak lalu lintas data nya. Lantas bagaimana ransomware ini bekerja? dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak Beberapa Hal Mengenai Ransomware yang Perlu Anda Ketahui.

Pengertian

John Villasenor, seorang profesor di the University of California, Los Angeles menjelaskan bahwa Ransomware adalah sejenis malware yang intinya mampu mengambil alih kendali atas sebuah komputer dan mencegah penggunanya untuk mengakses data hingga tebusan dibayar.

Cara Kerja Ransomware

Ransomware melakukan enkripsi pada data di komputer dan menggunakan kunci atau password enkripsi yang hanya diketahui oleh penyerang. Kemudian akan ada pesan bahwa korban harus membayar sejumlah uang agar mendapatkan datanya kembali. Apabila tebusannya tidak dibayar, maka seringkali data akan dihapus secara permanen.

Cara Mengatasi

Seperti yang kita ketahui bahwa mencegah jauh lebih baik dari mengobati, maka langkah yang dapat kita lakukan adalah pencegahan. Cara mencegah terkena ransomware adalah sebagai berikut:

  • Backup data secara berkala
  • Tidak sembarangan mendownload file dari situs yang tidak terpercaya
  • Waspada terhadap email phising jangan mudah klik link yang diberikan, selidiki terlebih dahulu alamat email pengirim apakah valid atau tidak
  • Gunakan antivirus yang baik dan update antivirus
  • Sering membersihkan file sampah pada komputer

Baca juga: Memastikan Keamanan WordPress Anda

Demikianlah Beberapa Hal Mengenai Ransomware yang Perlu Anda Ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat.

#JDA

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Berikan komentar Anda