Cara Cek Broken Link pada Website

Hai sobat Jogjahost! Bagaimana keadaan website Anda saat ini? Semoga selalu ramai pengunjung yah! Nah pernahkah Anda menemukan halaman 404 not found? Sayang sekali yah URL yang kita klik malah mendapatkan error seperti ini, hal ini terjadi karena url tidak menuju halaman website tersebut.

Dalam perawatan sebuah website, kita harus memastikan bahwa tidak ada broken link atau link yang rusak dalam website kita. Karena, link rusak dalam website ini jika di klik maka akan muncul pesan eror 404 not found pada web browser. Sehingga akan sangat memperburuk peringkat SEO pada mesin pencarian.

Cara Cek Broken Link pada Website

Wah kalau cek satu per satu link akan membutuhkan waktu yang lama bukan? Nah, oleh karena itu pada kali ini Jogjahost Blogs akan membagikan tips Cara Cek Broken Link pada Website tanpa  kita harus mengecek link secara manual di dalam website kita.

Berikut ini tools online gratis yang dapat Anda gunakan untuk pengecekan broken link pada website

Tools Broken Link Checker

1. Broken Link Check WordPress Plugin

Cara Cek Broken Link pada Website

Plugin pada wordpress ini dapat mengecek broken link di seluruh bagian website. Dan akan memberikan laporan kepada Anda.

Fitur-fitur :

  • Memantau link pada postingan, halaman, komentar, blogroll, dan lainnya.
  • Notifikasi dashboard atau dikirim melalui email.
  • Link dapat diedit secara langsung dari halaman plugin, tanpa mencari manual memperbarui setiap posting atau halaman website.
  • Mudah dalam penggunaan dan dikonfigurasi.

2. Online Broken Link Checker

Cara Cek Broken Link pada Website

Online tools untuk cek link berikutnya adalah www.brokenlinkcheck.com. Anda cukup memasukkan link website Anda pada kolom pengecekan dan klik find broken links now. Setelahnya tools ini akan mengecek web Anda secara keseluruhan.

Fitur-fitur :

  • Pengecekan broken link pada website atau blog.
  • Dapat melakukan unlimited page scan pada website.
  • Menunjukan lokasi broken link bermasalah pada sebuah website.

3. Dead Link Checker

Cara Cek Broken Link pada Website

Hampir sama dengan tools Online Broken Link Checker, tools Dead Link Checker ini juga dapat mengecek secara menyeluruh broken link yang ada dalam suatu website.

Ketikkan alamat web kamu di kolom checker, apabila kamu ingin mengecek keseluruhan maka pilih whole website. Namun jika hanya url tertentu saja, maka pilih single webpage. Kemudian klik tombol check, dan tunggu hasilnya.

Fitur-fitur :

  • Multi Check

Dapat digunakan untuk pengecekan multiple website dalam satu waktu, dan kemudian hasil dari pengecekan bisa di kirimkan ke email.

  • Auto Check

Digunakan untuk memeriksa secara berkala ada tidaknya broken link pada website secara otomatis, dan nantinya hasil pengecekan akan di kirimkan melalui email.

Kesimpulan

Broken link adalah link rusak atau link yang tidak memiliki halaman sehingga sering mendapati error 404 not found. Hal ini akan memperburuk kualitas konten yang berpengaruh pada SEO sebuah website. Sehingga kita harus memastikan bahwa web kita tidak memiliki broken link.

Nah apakah Anda sudah mencoba tools di atas? Bagaimana keadaan website Anda saat ini? Yuk berikan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini. Dan apabila artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk share ke kerabat kamu yah! 😀

Demikianlah tips mengenai Cara Cek Broken Link pada Website. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 🙂

#JDA

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Berikan komentar Anda