Cara Cepat Web Terindex di Google

Hai sobat Jogjahost! Apakah Anda pernah mencari web atau artikel web Anda di mesin pencari Google tetapi tidak ketemu? Nah Agar website Anda cepat terindex oleh mesin pencari Google, maka website Anda harus mengandung unsur-unsur yang disukai oleh Google. Pada kesempatan kali ini, Jogjahost Blogs akan membagikan tips cara cepat web terindex di Google.

Berikut Cara Cepat Web Terindex di Google

1. Website Terdaftar ke Google Webmaster

Apabila kamu belum mendaftarkan ke Google Webmaster, segeralah daftarkan melalui link berikut https://www.google.com/webmasters/. Cara nya mudah, Anda hanya memerlukan akun google Anda untuk login, kemudian mendaftarkan url domain Anda pada Google Webmaster.

Dengan google webmaster, website Anda dapat di scanning oleh Google dengan lancar. Dan Anda akan mendapatkan laporan mengenai kondisi website Anda. Seperti kecepatan, navigasi, sitemap, dan informasi lainnya dari hasil scanning Google.

Anda juga sebaiknya melakukan fetch as google bot dan melakukan request index untuk menyuruh bot google segera mengindex laman website Anda. Namun ada batasanya yakni hanya 10 url per hari.

2. Memiliki Sitemap

Sitemap atau peta situs akan memudahkan google dalam indexing website. Format XML yang disepakati oleh mesin pencari adalah XML.

Jika Anda tidak ingin kerepotan dalam pembuatan sitemap, Anda dapat menggunakan plugin sitemap CMS seperti wordpress atau jika web Anda menggunakan Joomla, anda bisa menggunakan extention sitemap dari Joomla.

Setelah sitemap terbuat, maka Anda wajib submit url sitemap ke google web master.

3. Banyak Backlink Berkualitas

Dengan memiliki banyak backlink yang berkualitas, maka tentunya proses indexing Google akan lebih cepat. Gunakanlah backlink dari website dengan PA dan DA yang tinggi agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Sehingga Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan spam backlink yang justru memberi pengaruh negatif di mata mesin pencari Google.

Apabila Anda ingin mendapatkan backlink berkualitas, Anda dapat membaca tutorial Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Untuk Website Anda , pada artikel tersebut akan dijelaskan seperti apa backlink yang bagus dan bagaimana cara mendapatkannya secara gratis maupun berbayar.

4. Load Website Cepat

Load website lambat akan membuat pengunjung illfeel dan langsung meninggalkan web. Oleh karena itu pastikan bahwa load website Anda cepat.

Bagaimanakah caranya agar mengerti seberapa cepat loading website kita? Caranya adalah dengan mengecek nya pada beberapa tools berikut

1. Google Pagespeed

Pada Google pagespeed akan diketahui seberapa cepat web Anda untuk diakses pada browser desktop maupun browser mobile.

2. GTMetrix

Pada GTMetrix, kita dapat mengetahui seberapa cepat load website kita, dan akan ada banyak rekomendasi agar web kita dapat lebih optimal untuk diakses.

5. Menggunakan Server yang Baik

Dengan menggunakan server yang baik, maka website Anda akan mudah diindex oleh Google. Kami Jogjahost menggunakan server dengan kualitas terbaik. Teknologi Prosesor Intel Xeon menjadi prioritas kami. Sistem data kami menggunakan SSD Disk yang menjamin data anda cepat diakses serta lebih aman.

Kami mengedepankan kecepatan server agar situs Anda dapat di akses dengan cepat. Kami menggunakan Hardware terbaik dan Litespeed Webserver yang akan menjamin situs Anda 600X lebih cepat dari Apache.

Dengan Hosting disini website dan aplikasi yang Anda kelola akan mendapatkan keuntungan. Karena kita meminimalisir jaringan atau server down. Dengan begitu usaha yang Anda kelola tidak mengalami kesulitan.

Catatan

Proses indexing google ke website membutuhkan proses dan waktu yang tidak cepat hanya dalam hitungan jam.  Oleh karena itu Anda harus bersabar dan terus melakukan optimasi website Anda seperti membuat konten yang berkualitas dan mendapatkan backlink yang berkualitas pula.

Perlu diingat juga bahwa indexing google bukan berarti web Anda mendapatkan peringkat satu. Tetapi menandakan bahwa google telah mengenali situs Anda dan akan muncul pada hasil pencarian sesuai dengan tingkat optimasi (SEO) dari website Anda.

Kesimpulan

Nah, semoga pembahasan di atas dapat membantu Anda dalam melakukan optimasi website Anda. Apakah saat ini Anda sudah melakukan beberapa poin dari cara-cara di atas? Barangkali Anda memiliki cara lain agar website cepat terindex google, jangan sungkan untuk komentar di bawah ini ya 🙂 . Dan apabila artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk share ke teman atau kerabat kamu ya!

Demikianlah artikel mengenai Cara Cepat Web Terindex di Google. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂

#JDA

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Berikan komentar Anda