Cara Membuat Database di phpMyAdmin XAMPP

Hai sobat Jogjahost! Apakah kamu ingin membuat database dengan mudah di local komputer kamu? Jika iya, maka kamu tepat mengunjungi artikel pada kali ini! Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara membuat database di phpmyadmin XAMPP. Setelah mempelajari cara-cara di bawah, maka kamu akan lebih percaya diri untuk membuat database di server hosting.

Pengertian Database

Database atau dalam bahasa Indonesia disebut basis data, merupakan sekumpulan data yang disimpan secara terstruktur dan sistematis di dalam komputer yang mana data tersebut dapat dimanipulasi atau diolah menggunakan software atau aplikasi dengan tujuan mendapatkan informasi yang diinginkan.

Berdasarkan spesifikasinya, database terdiri dari tipe data, struktur data, dan batasan-batasan pada data yang dapat di simpan.

Ada beberapa macam database yaitu MySQL, Maria DB, Oracle, Ms. Access, Mango, dan lain-lain. Namun pada dasarnya prinsip dan perintah query nya sama.

Pada kali ini Jogjahost Blogs akan membagikan tips Cara Membuat Database di phpMyAdmin XAMPP. Yang mana XAMPP menggunakan MySQL sebagai database nya. Yuk simak caranya

Cara Membuat Database di phpMyAdmin XAMPP

1. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi XAMPP

2. Hidupkan Apache dan MySQL

Cara Membuat Database di phpMyAdmin XAMPP

3. Buka web browser Google Chrome atau Mozilla Firefox atau lainnya

4. Bukalah phpMyAdmin dengan mengetikkan url localhost/phpmyadmin pada address bar Browser lalu klik kEnter (Jika apache tidak menggunakan port 80, maka tambahkan port. Misal port apache 8080 maka menjadi localhost:8080/phpmyadmin)

Cara Membuat Database di phpMyAdmin XAMPP5. Klik Database

6. Ketikkan nama database baru (contoh: database_baru) Tidak boleh ada spasi.

7. Klik Create

Cara Membuat Database di phpMyAdmin XAMPP8. Klik nama database yang sudah dibuat

9. Buat table baru (contoh: berita)

10. Klik Go

Cara Membuat Database di phpMyAdmin XAMPP

11. Klik tabel berita

12. Isikan kolom dan tipe data kolom, serta pengaturan lainnya dari table tersebut (contoh seperti di bawah)

Cara Membuat Database di phpMyAdmin XAMPP13. Klik Save

14. Maka table berhasil dibuat

Cara Membuat Database di phpMyAdmin XAMPP15. Telah berhasil dibuat database dengan nama ‘database_baru’ dan terdapat satu table di dalamnya dengan nama ‘berita’

Cara Membuat Database di phpMyAdmin XAMPP

Apabila Anda ingin menambahkan table lagi maka klik New pada bagian dalam database (pada gambar di atas, ‘New’ di antara ‘database_baru’ dan ‘berita’)

Kesimpulan

Membuat database melalui XAMPP tidak jauh berbeda dengan membuat dabase pada hosting yang menggunakan MySQL. Hanya saja kalau menggunakan XAMPP harus menghidupkan dahulu MySQL nya, kalau di hosting langsung saja menunju layanan phpMyAdmin.

Baca juga: Permasalahan Login c-Panel dan Cara Mengatasinya

Demikianlah Cara Membuat Database di phpMyAdmin XAMPP. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat 🙂

#JDA

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Berikan komentar Anda