Cara Meningkatkan Domain Authority

Anda mungkin pernah mendengar istilah Domain Authority atau DA dalam dunia website. Sebenarnya apa sih domain authority itu? Dan apakah pengaruhnya dengan hasil pencarian google? Lalu bagaimanakah cara meningkatkan domain authority website Anda?

Nah pada kali ini Jogjahost Blogs akan mencoba memberikan panduan dan petunjuk mengenai cara meningkatkan domain authority.

Definisi Domain Authority

Domain Authority (DA) adalah suatu acuan bagi mesin pencari seperti Google dalam memberikan peringkat terhadap suatu situs web atau blog atau domain Anda. Mesin pencari semacam Google biasanya akan memberi peringkat pada suatu situs berdasarkan tiga hal, yaitu:

1. Usia Domain

Semakin berumur usia domain dan juga aktif maka akan menjadi faktor penilaian terhadap domain authority. Nah maka tak jarang domain yang sudah berumur memiliki DA yang lebih tinggi dari domain yang baru. Namun perlu diperhatikan bahwa konsistensi penggunaan domain juga di nilai dan Google akan menentukan domain tersebut layak di nilai tinggi atau tidak di halaman hasil pencarian.

2. Konten yang Termuat dalam Website

Kualitas dan kuantitas konten dalam suatu website akan diperhatikan oleh mesin pencari. Apabila konten yang dimuat berkualitas dan unik serta rutin untuk dipublikasikan, maka akan mempengaruhi penilaian kenaikan domain authority suatu website.

3. Backlink

Kepopuleran suatu website dapat dinilai juga dari backlink domain suatu website. Sehingga semakin banyak backlink yang ia punya maka akan semakin menaikkan peringkat domain authority suatu website tersebut. Backlink yang dimaksud di sini adalah backlink yang berkualitas dan bukan spam backlink loh ya? Backlink yang berkualitas dapat Anda dapat dari website yang memiliki DA yang tinggi juga.

Perbedaan Domain Authority dengan Page Authority

Pernahkah Anda mendengar page authority? Nah perbedaan domain authority dengan page authority adalah jika domain authority maka penilaian mesin pencari terhadap keseluruhan parameter penilaian suatu website sedangkan page authority adalah penilaian mesin pencari hanya pada page atau halaman website saja. Dan kedua hal ini perlu diperhatikan untuk menunjang SEO website Anda.

Cara Mengecek Domain Authority

Berikut ini adalah beberapa tools yang dapat Anda gunakan dalam pengecekan atau pengujuian berapakah nilai domain Authority Anda.

Penilaian domain berkisar antara 0 hingga 100. Semakin tinggi nilai nya maka menandakan semakin bagus penilaian suatu domain di mata mesin pencari.

Cara Meningkatkan Domain Authority

Meskipun ada banyak cara dalam meningkatkan domain authority suatu website, namun kali ini JH Blogs akan membagikan beberapa cara yang memang penting dalam menaikkan peringkat domaian authority. Pada kali ini akan kami paparkan caranya secara urut dan sederhana. Yuk simak caranya.

Membuat Branding

Membuat suatu brand pada situs Anda akan memberikan citra dan kepercayaan pada orang lain. Apabila brand website Anda sudah mendapat respon positf maka orang akan dengan mudah merekomendasikan website Anda. Dengan begitu nama website Anda akan mudah diingat dan sering dikunjungi.

Ada banyak teknik branding baik secara online maupun offline. Contohnya saja seperti situs freelancer.com yang sering mengadakan seminar baik berbayar maupun gratis. Hal ini bertujuan juga dalam menaikkan branding situs tersebut.

Membangun Relasi

Membangun dan mempererat relasi dengan pengelola situs lain atau perusahaan lain adalah hal yang sangat penting. Dengan adanya banyak relasi tentu akan membuat situs Anda mudah untuk dipromosikan. Dan dari relasi kita juga dapat berukar link atau bekerja sama saling mempromosikan.

Membuat Konten Berkualitas

Konten adalah raja dalam suatu website. Karena hal utama yang paling dinilai mesin pencari adalah kualitas konten. Dalam pembuatan konten tentunya Anda harus memahami betul apa yang akan Anda buat. Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu sehingga konten yang Anda buat unik dan berbeda dari postingan di website lain.

Mengelola Link

Mengelola link sama hal nya kita mengelola rumah. Kita harus menggunakan link yang berkualitas, bukan broken link atau malah toxic link atau spam. Karena hal itu ibaratnya seperti mengotori website kita dengan link yang tidak bermanfaat. Oleh karena itu kelola lah link, baik dari dalam website maupun dari luar website. Usahakan setiap halaman memiliki link ke halaman lain. Hal ini juga dapat menaikkan page authority website Anda.

SEO On Page

Ada banyak cara melakukan SEO On Page. Berikut ini adalah cara-cara sederhana namun bagus bagi SEO On Page website Anda.

  • Konten yang panjang dan memberikan penjelasan yang menyeluruh. Saat ini Google menyukai konten yang panjang karena dianggap menjelaskan sesuatu dengan sejelas-jelasnya. Sehingga pakar SEO mengatakan bahwa panjang konten yang bagus adalah antara 1600 – 2000 kata.
  • Gunakan Heading Tag. Gunakanlah heading tag seperti heading 1, heading 2, dan seterusnya dalam pembuatan konten.
  • Gunakan External Link. Sisipkanlah link ke luar pada postingan Anda yang sesuai dengan kata atau tema dalam postingn tersebut.
  • Gunakan Internal Link. Sisipkanlah link yang menuju ke halaman lain dalam website Anda. Hal ini juga akan meningkatkan page authority website Anda.
  • Percepat loading website. Anda dapat menggunakan plugin seperti W3 Total Cache atau jika server sudah tidak memadahi maka Anda dapat upgrade ke server yang memiliki spesifikasi lebih besar.

Optimasi Sosial Media

Sosial media sangat berpotensi dalam peningkatan domain authority. Dengan pengelolaan sosial media yang baik maka Anda dapat mempromosikan web anda dengan optimal. Apabila Anda kewalahan, ada tools sosial media yang dapat Anda gunakan untuk melakukan penjadwalan posting terbaru di sosial media.

Baca juga : Cara Memilih Domain Yang Cocok Untuk Website Anda

Kesimpulan

Kenaikan domain authority dapat terjadi apabila cara-cara di atas Anda lakukan dengan konsisten. Dan pastikan selalu bahwa Anda tidak melanggar peraturan-peraturn dari mesin pencari Google seperti spam misalnya. Demikianlah artikel mengenai Cara Meningkatkan Domain Authority. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂

#JDA

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Berikan komentar Anda