Memastikan Keamanan WordPress Anda

Hai sedulur Jogjahost, kamu pasti tidak asing dengan WordPress. Tapi tahukah kamu, kalau WordPress juga dapat dengan mudah terserang hacker. Tentunya kamu tidak mau kan kalau website kamu terserang hacker?

Nah lalu bagaimana kah cara memastikan keamanan wordpress Anda? Berikut ini JH Blogs bagikan tips dan triknya.

Pertama, pastikan themes dan plugin yang Anda gunakan tidak mengandung celah keamanan

Theme atau plugin kerap kali mengandung celah keamanan, sehingga kamu perlu selektif dalam memilihnya. Kamu dapat mengunjungi situs http://www.exploit-db.com/ untuk mengetahui plugin atau tema mana yang tidak aman. Sehingga Anda jangan menginstal plugin yang ada pada daftar tersebut.

Kedua, pastikan plugin yang kamu gunakan tidak membawa badware

Dalam beberapa kasus, plugin yang diinstal dapat membuat email domain kamu mengirimkan spam atau website kamu teredirect ke website lain yang berbahaya. Sehingga pastikan sebelum menginstal plugin untuk melihat review dan komentar nya terlebih dahulu.

Ketiga, gunakan themes framework

Penggunaan themes framework jarang sekali terkena masalah. Karena framework sendiri biasanya memiliki standard keamanan yang bagus. Namun tak jarang pula framework yang memiliki biaya lisensi lumayan mahal. Tapi hal ini tetap worth it karena keamanannya terjamin.

Keempat, gunakan tools untuk melihat kondisi web kamu

Kamu dapat melihat kondisi web kamu, seperti rating website kamu melalui google webmaster tool. Dengan tools ini juga kamu dapat melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization). Kamu juga dapat menggunakan tools lain seperti http://sitecheck.sucuri.net/scanner/

Baca juga: Panduan Plugin Yoast SEO pada WordPress

Nah, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati maka mulai dari sekarang yuk Memastikan Keamanan WordPress Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂

#JDA

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Berikan komentar Anda