Panduan Plugin Yoast SEO pada WordPress

Hai sobat Jogjahost! Apakah Anda pengguna WordPress? Dalam menulis artikel, terkadang kita bertanya-tanya apakah artikel yang ditulis sudah memiliki SEO on page yang bagus? Nah, untuk mengetahu hal itu Anda dapat menginstal plugin Yoast SEO pada WordPress. Karena plugin ini dapat memberikan saran pada Anda saat menulis artikel. Dan pada kali ini, Jogjahost Blog akan membahas panduan plugin Yoast SEO pada WordPress.

Yoast SEO dapat Anda install langsung di wordpress Anda melalui menu Plugin. Tools gratis ini mudah untuk dioperasikan bagi pemula dan tentunya salah satu tool yang komprehensif. Memang Anda dapat upgrade ke versi premium, namun semua fungsi penting dari Yoast sudah di sediakan pada versi gratisnya. Sehingga dengan Yoast, Anda dapat mengontrol setiap title, meta deskcription, keyword dan juga sitemap, serta banyak lagi untuk mendukung SEO website Anda.

Cara Install Yoast SEO

1. Masuk ke Dashboard Admin

2. Klik Plugin

3. Klik Tambah Baru

4. Pada Kolom Pencarian, ketik “Yoast”

5. Klik Pasang Sekarang/Install

6. Klik Aktifkan / Activate

7. Selesai

Panduan Plugin Yoast SEO pada WordPress

Nah berikut ini adalah pengaturan Yoast SEO yang dapat Anda gunakan dalam optimasi website

Pengaturan General

Panduan Plugin Yoast SEO pada WordPressPada pengaturan General, Anda dapat mengatur dashboard Yoast, feature apa saja yang dihidupkan dan juga tools webmaster yang digunakan. Pengaturan ini lebih ke pengaturan umum Yoast SEO.

Search Appearance

Panduan Plugin Yoast SEO pada WordPressPada bagian pengaturan Search Appearance, terdapat pengaturan beberapa pengaturan sebagai berikut:

1. General

Panduan Plugin Yoast SEO pada WordPress

Pengaturan umum search appearance atau General ini digunakan untuk mengatur Title Separator atau pembatas Judul, penggunaan snipset untuk SEO title, dan meta description dan knowledge graph yang nantinya akan tampil pada hasil pencarian di mesin pencari.

2. Content Types

Panduan Plugin Yoast SEO pada WordPress

Pada pengaturan ini kita dapat menentukan pengaturan content untuk ditampilkan pada mesin pencari.

3. Media

Panduan Plugin Yoast SEO pada WordPressPengaturan media ini digunakan untuk menentukan apakah url akan dilampirkan dalam media atau tidak. Sebaiknya pilih Yes.

4. Taxonomies

Panduan Plugin Yoast SEO pada WordPressTaxonomies digunakan untuk mengatur ditampilkan atau tidaknya kategori, seo title, yoast SEO meta box, tag, format, category url pada hasil pencarian mesin pencari seperti google.

5. Archives

Panduan Plugin Yoast SEO pada WordPress

Archives digunakan untuk mengatur tampilan author, SEO title, tanggal archive, special page pada hasil pencarian.

6. Breadcrumbs

Panduan Plugin Yoast SEO pada WordPressDigunakan untuk menggunakan atau tidak tampilan breadcrumbs pada hasil pencarian.

7. RSS

Panduan Plugin Yoast SEO pada WordPressPada bagian ini kita dapat mengatur tampilan RSS Feed seperti author link, post link, blog link dan blogdesclink.

Search Console

Panduan Plugin Yoast SEO pada WordPressUntuk mengizinkan Yoast SEO mencocokkan dengan informasi konsol google search, maka dibutuhkan kode autorisasi google. Anda bisa mendapatkannya dengan klik tombol Get Google Authorization Code. Kemudian copy code nya ke form Search Console dan klik Authenticate.

Social

Panduan Plugin Yoast SEO pada WordPressSosial media kini memiliki peran penting dalam SEO, oleh karena itu Yoast SEO memberikan pengaturan dalam mengelola social media yang terkait dengan website pada pengaturan Social. Anda dapat memasukkan link url sosial media seperti facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya.

Tools

Panduan Plugin Yoast SEO pada WordPress

Tools digunakan sebagai alat yang digunakan saat pembuatan konten. Di antaranya adalah import export, file editor, bulk editor, dan text link counter (penghitung kata)

Pada saat Anda membuat konten maka Yoast SEO akan memberikan sugest bagaimana SEO dan readibility yang bagus bagi konten Anda seperti berikut. Apabila berwarna lingkaran hijau berarti bagus, jika orange berarti tidak begitu bagus, jika masih abu-abu berarti hasil konten belum terdeteksi oleh Yoast SEO.

Panduan Plugin Yoast SEO pada WordPress

 

Kesimpulan

Plugin ini memudahkan kita dalam menulis artikel yang lebih SEO dan juga mengetahui readibility atau artikel yang enak dibaca pengunjung. Dan Yoast SEO terus melakukan update sesuai dengan algoritma dari Google. Namun pada dasarnya adalah apabila artikel kita bermanfaat bagi banyak orang, pasti artikel kita akan ramai pengunjung.

Demikianlah Panduan Plugin Yoast SEO pada WordPress. Semoga konten Anda semakin bagus di mata mesin pencari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂

#JDA

 

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Berikan komentar Anda