Perbedaan SEO dengan SEM

Hai sobat Jogjahost! Apakah kamu pernah mendengar istilah SEO dan SEM? SEO dan SEM mungkin adalah hal yang asing bagi orang awam atau orang yang baru belajar website. Bagi Anda para pelaku bisnis online atau bisnis di bidang digital, mengetahui SEO dan SEM merupakan suatu keharusan demi menunjang perkembangan bisnis digital Anda.

Kebanyakan orang lebih membahas kepada SEO dan jarang istilah SEM diperbincangkan. Padahal keduanya sama-sama penting bagi konversi penjualan produk Anda. Oleh karena itu yuk kita bahas satu per satu perbedaan SEO dan SEM.

Perbedaan SEO dengan SEM

Apa itu SEO (Search Engine Optimization)?

SEO sendiri dapat diartikan sebagai proses optimasi terhadap suatu website agar mendapatkan peringkat yang bagus di mata mesin pencari seperti Google.

SEO bermanfaat untuk mendapatkan banyak pengunjung ke website Anda. Misalnya sebagai berikut, seseorang mencari di google dengan kata kunci “laptop di bawah 5 juta”. Kemudian google akan memberikan list hasil pencarian. Apabila website Anda memiliki SEO yang bagus, maka bukan hal musatahil website Anda berada pada urutan pertama mesin pencarian. Sehingga orang tersebut mengunjungi situs Anda dan bahkan membeli laptop di melalui website Anda. Apabila website tersebut adalah milik Anda.

Apa itu SEM (Search Engine Marketing)?

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing yang artinya bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas website itu sendiri di halaman hasil pencarian mesin telusur seperti Google (SERP).

Jadi Apakah Perbedaan Mendasar Antara SEO dan SEM?

SEO digunkan untuk mendatangkan traffic website tergarget dengan cara menaikkan peringkat website di mesin pencari. Sedangkan SEM memiliki jangkauan yang lebih besar. Dianggap sebagai pemasaran pada internet, SEM akan meningkatkan visabilitas yang menarik dan organik. Jadi dapat disimpulkan bahwa SEM mencakup kegiatan SEO dan strategi pemasaran lainnya.

Baca juga : Cara Cek Broken Link pada Website

Demikianlah Perbedaan SEO dengan SEM. Semoga artikel ini dapat bermanfaat 🙂

#JDA

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling