Tips dan Trik Menggunakan Sublime Text Editor

Hai sobat Jogjahost, buat kamu yang biasa melakukan koding atau programming pasti tidak asing dengan sublime text editor. Namun buat kamu yang masih belajar mengenai sublime text editor, kamu dapat membaca artikel berikut ini. Karena pada kali in Jogjahost Blogs akan membahas Tips dan Trik Menggunakan Sublime Text Editor. Sebenarnya apa sih Sublime Text Editor itu? Apa saja fitur yang bisa Anda gunakan? Yuk kita simak di bawah ini.

Pengertian Sublime Text

Sublime text merupakan text editor yang dapat Anda gunakan dalam melakukan pemrograman, khususnya pemrograman web. Sublime text ini adalah alat atau tools yang biasa digunakan oleh web developer. Dan web developer banyak sekali yang menggunakan software sublime text ini.

Bagi Anda yang sedang belajar di dunia pembuatan website, kami sarankan untuk menggunakan software sublime text editor berikut ini.

Tips dan Trik Menggunakan Sublime Text

Berikut ini adalah tips dan trik menggunakan sublime text editor, oiya ada baiknya kalau kamu langsung mencobanya ya! Kalau kamu belum ada sublime text editor, kamu bisa mendownloadnya di sini.

1. Multiple Selection

Dengan fitur multiple selection maka kamu dapat mengganti semua text yang sama sekaligus. Nah kalau kamu ubah satu per satu tentunya ribet, harus mencari dulu kemudian ganti. Kalau menggunakan fitur multiple selection ini, kamu ngga perlu ribet lagi karena bisa ganti kata-kata yang sama dengan serempak.

Bagaimana cara menggunakannya? Mudah sekali kok, cukup klik / double klik / sorot saja text yang ingin diseleksi. Setelah itu Anda tekan dan tahan  Ctrl+D sampai text yang ingin diganti sudah ter blok, lalu klik Escape. Sudah begitu, maka Anda tinggal mengganti text nya. Coba amati gambar di bawah ini.

Tips dan Trik Menggunakan Sublime Text Editor

2. Find in Project

Dengan fitur ini, maka kamu akan dimudahkan dalam pencarian file di dalam folder project kamu. Silakan tekan Ctrl+P, kemudan ketikkan nama file nya. Coba perhatikan gambar di bawah ini. Sungguh mudah sekali dan ini sangat membantu kamu sehingga tidak perlu repot-repot membuka folder untuk mendapatkan file yang kamu mau.

Tips dan Trik Menggunakan Sublime Text Editor

3. Go to Line

Nah fitur ini berguna untuk langsung ke urutan nomor baris kode tertentu. Jika sebelumnya menggunakan Ctrl+P untuk mencari project, maka pada kali ini untuk mencari baris kode tertentu. Bagaimana caranya? Klik Ctrl+G dan ketikkan angka barisnya seperti di bawah ini. Fitur ini berguna sekali ketika Anda mendapatkan notice error website dan disarankan pada line tertentu. Maka Anda tinggal mencari line/baris kodenya di sublime text menggunakan cara ini.

Tips dan Trik Menggunakan Sublime Text Editor

4. Package Control & Themes

Dengan fitur ini, Anda dapat mengganti tema nya juga loh. Anda juga dapat memasang berbagai plugin di dalamnya. Tinggal klik pada menu Preference, kemudian klik Theme

Tips dan Trik Menggunakan Sublime Text Editor

5. Plugin Ready

Dengan dukungan plugin tentunya Sublime semakin powerfull, sebagai contoh bagi developer website yang menggunakan framework codeigniter, maka dapat menggunakan plugin codeigniter snipsets. Bagi Anda yang ingin fokus pada HTML maka Anda dapat menggunakan plugin Emmet seperti pada video di bawah ini

Download Sublime Text 3

Nah demikianlah Tips dan Trik Menggunakan Sublime Text Editor. Apabila kamu punya tips lain, yuk berikan komentar nya di kolom komentar di bawah ini. Dan bila artikel ini bermanfaat, jangan lupa share artikel ini ya! Selamat mencoba dan selamat ngoding! 🙂

#JDA

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling