Cara Mempromosikan Usaha Anda di Internet

Sebuah usaha tidak akan menghasilkan income jika Anda tidak mempromosikannya. Karena jika Anda tidak mempromosikannya tentunya tidak ada yang mengenali usaha Anda. Jika usaha atau brand Anda sudah terkenal, maka dengan mudahnya calon pembeli akan datang ke usaha Anda untuk membeli produk/jasa Anda. Nah oleh karena itu pada kali ini JH Blogs akan membagikan Cara Mempromosikan Usaha Anda di Internet.

2 Media Promosi Produk

1. Media Offline : Mempromosikan produk dengan cara konvensional

2. Media Online : Mempromosikan produk dengan menggunakan internet

Alasan Memilih Media Online

  • Jangkauan pasar lebih luas
  • Biaya promosi lebih murah
  • Dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja
  • 24 jam nonstop tanpa henti
  • Mudah diukur keberhasilannya

Berikut ini Berbagai Cara Mempromosikan Usaha Anda di Internet

Marketplace

Dengan pertumbuhan e-Commerce yang begitu pesat, Marketplace kini menjadi pasar yang begitu besar dalam mempromosikan produk Anda. Seperti yang kita ketahui bahwa antusiasme masyarakat saat ini begitu besar terhadap marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee, lazada, maupun olx dan lain sebagainya.

Sehingga Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk mempromosikan produk Anda. Tentunya cara ini dapat menguntungkan dalam sisi biaya operasional periklanan. Karena Anda dapat mempromosikannya secara gratis. Selain itu, pangsa pasar juga begitu luas, dan marketplace memiliki cara untuk mengundang pengunjung dengan metode marketingnya sendiri.

Google Adwords

Dengan Google Adwords maka Anda dapat mengiklankan produk Anda di periklanan Google. Dengan begitu, maka ketika seseorang mencari jenis produk yang sesuai dengan produk anda pada Google, maka iklan produk Anda akan ada di urutan atas pada mesin pencari Google. Atau iklan produk Anda akan muncul di website yang sesuai dengan bahasan produk sejenis dengan produk Anda.

Perlu diketahui bahwa beriklan di Google Adwords tidaklah gratis. Namun Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan pengunjung sesuai dengan target Anda. Saat usaha mencapai kestabilan maka Anda dapat menunjukkan profesionalitas melalui website atau blog. Sehingga banyak perusahaan besar yang melebarkan pasar dengan media promosi website.

E-mail Marketing

Pada era kali sekarang, mungkin penggunaan email marketing dianggap kuno. Namun promosi online satu ini akan sangat amat berdampak jika Anda tepat dalam menggunakannya. Penggunaan email marketing memungkinkan Anda dalam pengiriman promosi terbaru atau diskon produk Anda.

Email pada saat ini sudah seperti sosial media, dan setiap sosial media pasti juga membutuhkan email. Oleh karena itu email tetap patut Anda pertimbangkan dalam promosi produk melalui internet.

Youtube

Hari gini siapa yang ga kenal Youtube. Ya media online di ranah video ini menjadi tempat raksasa dalam penyimpanan konten video. Bahkan sempat disebut sebagai mesin pencari nomor 2 yang digunakan setelah Google. Dengan menggunakan media ini maka Anda akan mengundang banyak viewers yang mungkin tertarik denga produk Anda.

Facebook

Raksasa sosial media ini tentunya dapat Anda gunakan dalam promosi online yang efektif. Anda cukup membuat fanspage usaha Anda, kemudian post produk Anda. Carilah like Fanspage yang banyak karena semakin banyak yang menyukai halaman Anda, maka semakin besar juga potensial produk Anda dikenal.

Facebook dengan fitur Facebook Ads nya akan mampu menargetkan siapa yang melihat iklan sesuai dengan penargetan Anda. Perlu diketahui bahwa fitur ini tidak lah gratis sama halnya dengan Google Adwords. Yang membedakan adalah iklan Facebook dapat tampil di sosial media Facebook dan juga Instagram. Hal ini dikarenakan Instagram telah diakuisisi Facebook pada 2012 silam.

Instagram

Bicara soal Instagram, kini kepopulerannya begitu menanjak. Siapa yang tidak menyukai visual yang menarik? Hal ini lah kelebihan dari Instagram daripada Facebook, karena mereka fokus terhadap tampilan visual gambar dan video pendek. Promosi di media Instagram ada 3 cara.

Pertama, promosi langsung melalui akun instgaram Anda

Kedua, promosi melalui jasa Endorse, harga per posting sesuai dengan banyaknya follower akun endorsement tersebut

Ketiga, menggunakan fitur Instagram Ads, Anda tinggal set target dan biarkan Instagram yang memasarkan. Fitur ini tentunya juga berbayar seperti Facebook Ads.

Twitter

Jangan remehkan kicauan burung twitter ini 🙂 Meskipun hanya dibatasi 160 karakter, tapi jika dapat Anda gunakan dengan tepat akan menghasilkan sesuatu yang dahsyat. Tentunya jika follower Anda masi sedikit, Anda dapat menyewa buzzer untuk meningkatkan promosi produk Anda di twitter. Atau Anda juga dapat menggunakan fitur Twitter Ads.

BBM dan Whatsapp

Salah satu bentuk pelayanan kepada konsumen atau calon konsumen adalah dengan berinteraksi atau komunikasi. Dengan BBM atau Whatsapp atau aplikasi chat lainnya, tentu dapat menjawab pertanyaan dari pelanggan. Anda dapat melakukan follow up juga terhadap keluhan pelanggan. Dengan begini konsumen akan merasa lebih percaya dengan usaha atau produk Anda.

Demikianlah Cara Mempromosikan Usaha Anda di Internet. Jaman sekarang sudah waktunya online, jika tidak nanti usaha kamu ketinggalan sobat! 🙂 Selamat mencoba dan semoga sukses!

#JDA

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Jody Dwi Antono

Programmer yang gemar blogging dan traveling

Berikan komentar Anda