Pentingkah UX User Experience pada Suatu Website?

User Experience atau yang sering disebut UX sering dibahas oleh kalangan pengembang website. Sebenarnya apa sih UX itu? Mengapa UX digadang-gadang mampu menaikkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan? Jadi seberapa pentingkah UX User Experience pada suatu website? Yuk kita simak bersama di artikel kali ini.

Apa itu User Experience?

User Experience merupakan suatu pengalaman pengguna dalam mengakses website. Dengan pengalaman tersebut pengunjung akan mendapatkan kesan dan kenyamanan tersendiri dengan website tersebut. User Experience didapatkan pengunjung saat melihat fitur website, melihat tampilan, hingga ber transaksi menggunakan website. User Experience yang biasa disingkat UX ini tengah menjadi perbincangan hangat dalam dunia website.

Bidang-bidang yang Terkait dengan Pengembangan UX

Dengan berkembanganya website e-Commerce maka UX semakin ditonjolkan agar pengunjung berlama-lama mengakses website. Dengan menciptakan desain yang memainkan psikologi pengunjung, maka tercipta lah strategi-strategi UX seperti di bawah ini.

Project Management

Bidang project management lebih berfokus pada perencanaan dan organisasi dalam suatu proyek dengan menggunakan sumber daya yang ada. Tugasnya juga mengidentifikasi dan mengelola siklus yang akan digunakan selanjutnya. Dalam penerapan proses desain, tentunya dibutuhkan UX yang akan menjadi kenyamanan dan kepuasan pengunjung. Tidak hanya itu saja manajemen project management juga merumuskan siapa yang akan masuk dalam tim proyek dan memandu tim sehingga dapat berjalan dengan efisien dan menghasilkan UX yang bagus hingga proyek selesai.

User Research

Merupakan sebuah riset yang lebih berfokus pada analisa perilaku pengguna. Sehingga UX dapat memberikan solusi bahkan motivasi kepada pengguna. User research ini memerlukan teknik observasi, analisis, dan metodologi mencari feedback yang lainnya.

Usability Evaluation

Evaluasi Penggunaan berfokus dengan seberapa baik seorang pengguna dapat mempelajari berbagai fitur yang ada pada website. Dalam hal ini, juga menilai seberapa puas pengguna dalam proses pemakaian website tersebut.

Information Architecture

Bidang Information Architecture berfokus pada bagaimana suatu informasi dapat diatur dan menjadi lebih terstruktur kemudan disajikan dengan baik kepada pengguna website.

User Interface Design

Bidang ini tentu membutuhkan desainer yang berfokus pada desain tampilan yang disajikan pada pengguna website. Dan juga memastikan bahwa tampilan yang digunakan mudah digunakan dan dipahami serta eye catching atau menarik perhatian mata.

Interaction Design

Desain yang mampu berinteraksi dengan pengguna tentunya harus dibuat dengan sistem yang interaktif dan menarik bagi pengguna. Bidang ini lebih fokus pada interaksi dan konsep yang akan disajikan kepada pengguna website.

Visual Design

Visual Design atau Desain Visual memastikan tampilan website tetap artistik dan sejalan dengan tujuan dari bisnis perusahaan Anda.

Content Strategy

Content Strategy berfokus pada penulisan dan durasi waktu yang digunakan pengunjung saat mengakses website. Memahami hal ini dengan baik akan dapat merencanakan pembuatan dan mengimplementasikan produk dan konten menjadi lebih tepat sasaran.

Web Analytics

Bidang web analytic lebih berfokus pada pengumpulan, analisa dan pelaporan data pada suatu website.

Seberapa Pentingkah UX User Experience pada Suatu Website?

Saat ini Anda tentunya sudah tahu definisi dari UX. Nah, tetapi sebarapa pentingnya kah UX itu? Jika Anda adalah seorang pengusaha yang mencoba untuk menarik pelanggan melaluia website atau aplikasi, maka UX sangat sangat penting. Berikut ini adalah data penelitian yang dapat Anda jadikan referensi bahwa UX merupakan faktor yang sangat penting pada website di era digital saat ini!

  • Menurut penelitian dari Imaginovation, sebuah lembaga penelitian berbasis di Amerika Serikat mengatakan: Apabila konten Anda tidak dioptimalkan dengan baik, sebanyak 79% pengunjung akan keluar dari website Anda dan mencari konten/produk lainnya.
  • Menurut penelitian dari lembaga riset HubSpot mengatakan: Pengguna ponsel 5X lebih punya kecenderungan untuk meninggalkan website Anda, apabila website tidak dioptimalkan agar sesuai dengan perangkat yang mereka punya.
  • Menurut penelitian dari lembaga riset MindTouch mengatakan: Ini kasus nyata, pendapatan dari website ESPN.com melonjak 35% setelah mereka mendengarkan keluhan pengguna mereka dan mendesain ulang homepage mereka.
  • Menurut Adobe mengatakan: 39% orang akan berhenti mengakses website jika gambar dimuat terlalu lama loading-nya.

Baca juga: Cara Menaikkan Peringkat Artikel di Google

Kesimpulan

Dengan membaca artikel ini sekarang kita tahu pentingnya UX User Experience bagi website kita. Apakah Anda setuju akan hal ini? Bagaimanakah keadaan UX Experience Website Anda sekarang? Yuk tinggalkan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Semoga bermanfaat dan selamat mengembangkan usaha Anda, semoga berhasil!

#JDA

Semoga bermanfaat

Tim Creative

Jogjahost.co.id| Dedicated Server Indonesia

Richo

Semoga bermanfaat Tim Creative Jogjahost.co.id| Dedicated Server Indonesia

Berikan komentar Anda