Tips Membuat Password yang Kuat

Password adalah susunan kata sandi yang dibuat untuk memproteksi suatu akun dari orang yang tidak memiliki hak akses. Katakanlah saat mengakses sosial media, tentu Anda membutuhkan username dan password. Dengan kemajuan internet yang begitu pesat, kini banyak hacker memiliki cara dalam membobol password. Namun pemilihan password yang kuat tentu akan menyulitkan hacker dalam membobol password. Oleh karena itu kali ini JH Blogs akan membagikan tips membuat password yang kuat.

Gunakanlah password yang berbeda di setiap akun

Misalnya saja Anda memiliki akun facebook, twitter, instagram, wordpress, dan lainnya. Maka jangan gunakan password yang sama untuk semua akun tersebut meskipun passwordnya sulit untuk dihapal. Sehingga setiap akun memiliki password yang berbeda-beda. Hal ini tentu akan menjadi pencegahan hacking akun Anda apabila misal akun facebook Anda ter hack, maka twitter atau akun lainnya Anda tidak ter hack karena memiliki password yang berbeda.

Password yang tidak baik

Menurut perusahaan SplashData, 10 jenis password yang paling umum digunakan orang antara lain:

  1. password
  2. qwerty
  3. 12345
  4. 12345678
  5. abc123
  6. dragon
  7. 111111
  8. monkey
  9. baseball
  10. letmein

Maka hindarilah password di atas karena mudah sekali untuk ditebak. Hindari juga password yang menggunakan informasi pribadi Anda seperti nama kota kelahiran Anda, band favorit Anda, nama binatang kesayangan Anda, nama suami/istri Anda, atau tanggal lahir Anda.

Anda mungkin tidak menyadari hal ini, namun kita semua sebenarnya memberikan sangat banyak informasi penting pribadi kita pada account-account media sosial kita seperti di Facebook atau Twitter.  Jadi janganlah menggunakan password yang mudah ditebak oleh hacker hanya dengan sekedar melihat informasi yang tertera pada account Facebook atau Twitter kita saja.

Hindari juga informasi pribadi Anda seperti nama anda, kota kelahiran, band favorit, binatang peliaraan, nama pasangan, atau tanggal lahir Anda. Anda juga mungkin tidak menyadari hal ini, namun informasi pribadi Anda di sosial media yang Anda share dapat menjadi acuan untuk ditebak hacker.

4 Syarat Untuk Pembuatan Password

Microsoft menyarankan 4 hal berikut ini ketika kita akan membuat sebuah password baru yang kuat:

  1. Password harus mengandung HURUF BESAR (A, B, C)
  2. Password harus mengandung huruf kecil (a, b, c)
  3. Password harus mengandung angka (0, 1, 2, 3, …, 9)
  4. Password harus mengandung karakter unik yang ada di keyboard (~ ! @ # $ % ^ & * ( ) _ – + = { } [ ] | : ; ” ‘ < > , . ? /)

Sebagai contoh, password Anda mungkin akan berbentuk seperti berikut ini:

G4j4Hb354R, yang artinya gajahbesar. Mungkin terlihat alay, namun justru malah efektif jika digunakan untuk pembuatan password.

Nah demikianlah Tips Membuat Password yang Kuat. Jangan sampai akun Anda terhack karena password yang lemah yaa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂

#JDA

Richo

Semoga bermanfaat Tim Creative Jogjahost.co.id| Dedicated Server Indonesia

2 thoughts on “Tips Membuat Password yang Kuat

  • December 31, 2018 at 5:26 am
    Permalink

    iyaa bang, saran bisa pakai kata pengingat aja misal password defaultnya g4j4h, kalau untuk facebook jadi g4j4hfb, untuk twitter jadi g4j4htwitter biar mudah diingat 😀

Berikan komentar Anda