Cara Mencari Expired Domain yang Berkualitas Baik

Sebagian blogger lebih memilih domain lama daripada domain baru. Alasannya adalah karena domain lama sudah memiliki domain authority dan backlink sehingga lebih mudah menempati peringkat di mesin pencari. Bahkan beberapa orang membeli domain dengan tujuan investasi atau branding. Namun sebelum membeli domain lama, tentunya kita harus memilih yang berkualitas. Karena tidak semua domain lama atau expired domain itu bagus. Sebelum Anda menginvestasikan uang yang besar untuk membeli domain lama atau expired domain, pada kali ini JH Blogs akan membagikan tips cara mencari expired domain yang berkualitas.

Pengertian Expired Domain

Expired Domain adalah domain kadaluarsa atau domain yang sudah tidak diperpanjang masa aktif registrasinya oleh sang pemilik. Bisa karena pemiliknya lupa memperpanjang atau karena alasan lainnya. Selama domain ini belum didelete maka masih memiliki status expired domain. Namun apabila sudah didelete, maka statusnya menjadi dropped domain.

Ada Beberapa Alasan Kenapa Domain bisa Expired

Ada berbagai hal yang bisa membuat domain menjadi expired, berikut ini adalah alasan yang sering terjadi kenapa domain bisa expired.

1. Pemilik domain lupa memperbarui domainnya

Lupa memang menjadi sesuatu yang lumrah bagi manusia. Oleh karena itu, apabila kamu memiliki domain, silakan memasang pengingat pada kalendar handphone agar tahu domain Anda kalau sudah habis masa aktifnya.

2. Pemilik domain tidak punya uang untuk memperbarui domainnya

Hal ini memang menjadi masalah yang sensitif. Cara agar Anda tidak kehabisan uang untuk perpanjangan domain adalah dengan melakukan perencanaan keuangan yang baik.

3. Pemilik domain sengaja tidak memperbarui domainnya

Hal ini adalah sebuah pilihan. Bisa jadi, nama domain kurang disukai atau mungkin ada masalah lain sehingga pemilik sengaja tidak memperbarui domainnya. Kalau kamu punya domain bagus dan tidak ingin menggunakannya lagi, sebaiknya kamu jual saja. Kamu dapat menjual domain lawas kamu di flippa.com.

Bagaimana Nasib Domain Expired?

Pencatat domain akan memberikan kesempatan 30 hari setelah domain habis masa aktifnya. Nah apabila dalam waktu tersebut pemilik domain tidak memperpanjang masa aktifnya, maka domain akan dilelang dalam waktu 7 hari. Kemudian domain akan diberikan pada penawar yang tertinggi. Saat pelelangan ini Anda dapat membeli domain kadaluarsa ini dengan mudah. Anda dapat membeli banyak sekaligus apabila Anda menginginkannya.

3 Fungsi Utama Domain Expired

Berikut ini fungsi domain expired yang sering digunakan

1. Sebagai moneysite

Karena memiliki domain authority dan backlink yang baik, maka biasanya domain ini digunakan sebagai domain website utama untuk money site

2. Sebagai PBN

PBN atau private blog network digunakan untuk mendongkrak blog utama. Secara teknis, Anda membuat web milik Anda sendiri menggunakan expired domain, kemudian diberi backlink di website tersebut menuju ke domain utama Anda.

3. Sebagai 301 Redirect

Domain expired yang bagus, tentu banyak yang masih mengaksesnya. Hal ini bisa dijadikan untuk melakukan redirect ke domain utama Anda. Misal domain expirednya expabc.com. Dan domain utama Anda adalah domain.com. Maka ketika seseorang mengakses expabc.com, akan diredirect ke domain utama Anda domain.com.

Bagaimana Cara Mencari Expired Domain yang Berkualitas?

Sebelum membeli domain, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah langkah yang harus kamu ambil supaya mengetahui domain tersebut berkualitas atau tidak.

1. Cek apakah domain pernah dilakukan untuk spam atau tidak

Apabila domain yang hendak Anda beli telah melakukan aktifitas spam oleh pemilik sebelumnya, maka hal ini akan memberikan pengaruh buruk pada domain tersebut.

Lalu bagaimana kita bisa tahu domain tersebut pernah nyepam atau belum?

Pakai wayback! Wayback dapat mencatat snapshot dari page-page yang sebelumnya dan melihat konten website secara sekilas untuk mengetahui website tersebut melakukan spam atau tidak.

Cara Mencari Expired Domain yang Berkualitas

2. Cek apakah link nya juga mengandung spam

Untuk mengetahui apakah link domain atau backlink dilakukan spam atau tidak, anda dapat menggunakan Ahrefs.

Karena tools ini memiliki database backlink terbesar di dunia. Sehingga Anda dapat memantau backlink suatu domain di sini.Cara Mencari Expired Domain yang Berkualitas

Namun tools ini berbayar, sehingga Anda harus berlangganan untuk menggunakan tools ini.

3. Cek Domain Authority

Domain authority atau otoritas domain merupakan parameter untuk mengukur kekuatan suatu website melalui domain. Setelah Anda menemukan domain yang bebas dari spam, maka Anda dapat menyaring domain tersebut berdasarkan Domain Authority nya. Pilihlah nilai domain authority dengan nilai minimal DA 20+.

Apabila Domain Authority nya di bawah 20, maka tidak akan sepadan dengan harga domain kadaluarsa tersebut. Karena akan sulit untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari.

Bagaimana cara cek domain authority?

Anda dapat menggunakan beberapa tools sebagai berikut

1. Open Site Explorer

2. Small SEO Tools

3. Moonsy

Dengan tools di atas, Anda akan mengetahui bagaimana kondisi domain authority yang ingin Anda cek.

Di Mana Bisa Mencari Expired Domain yang Berkualitas?

Setelah mengetahui fungsi dan mengetahui domain lawas yang berkualitas, maka kini saat nya menuju ke tempat penyedia expired domain. Berikut ini beberapa website yang Anda dapat menemukan expired domain.

1. ExpiredDomains.net

Cara Mencari Expired Domain yang Berkualitas

Situs yang paling populer untuk berburu domain expired. Menyediakan daftar domain expired dan Anda gratis untuk mencarinya di sini.

2. Domcop.com

Cara Mencari Expired Domain yang Berkualitas

Situs ini premium, namun dapat dibilang bahwa di situs ini menyajikan daftar database domain expired yang paling lengkap.

Kedua situs di atas adalah situs yang paling banyak digunakan untuk menemukan expired domain. Apabila kamu masi baru mau coba-coba, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan expireddomains.net karena gratis.

Jogjahost juga menyediakan hosting gratis domain. Dengan begitu anda tidak perlu membeli domain, karena sudah menjadi bonus saat Anda membeli hosting pada paket ini.

Kesimpulan

Nah setelah mengetahui berbagai macam mengenai expired domain, terlebih Cara Mencari Expired Domain yang Berkualitas. Kini Anda dapat mencoba-coba dengan cara-cara di atas. Apakah kamu berencana membeli expired domain? Silakan berikan pendapat kamu di kolom komentar ya? šŸ™‚

Dan jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk share di media sosial kamu ya! šŸ™‚ Demikianlah artikel pada kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat! šŸ™‚

#JDA

Semoga bermanfaat

Tim Creative

Jogjahost.co.id| Dedicated Server Indonesia

Richo

Semoga bermanfaat Tim Creative Jogjahost.co.id| Dedicated Server Indonesia